Sewa Lapak Bazar Ramadan, Aray: Pedagang Dikenakan Biaya Rp1.000

0
222

Sewa Lapak Bazar Ramadan, Aray: Pedagang Dikenakan Biaya Rp1.000 Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Kepala Dinas Prindustrian Perdagangan dan Penanaman Modal (Disperindagkop-PM) Kotamobagu Herman Aray mengatakan Pemkot dalam pengelolaan bazar ramadan atau dikenal dengan nama pasar senggol, menetapkan tarif sewa lapak sebesar Rp1.000/meter per hari.

“Setiap pedagang hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp1.000 per meter, selama 10 hari pelaksanaannya. Selain itu, pedagang juga akan diwajibkan membayar retribusi kebersihan sebesar Rp50 ribu,” ungkap Aray, Jumat (23/06) pagi.

Menurut Aray pihaknya memprioritaskan pedagang lokal namun tetap memberi ruang kepada pedagang luar, “Setiap pedagang akan mendapatkan dua lapak dengan ukuran 2×4 meter. Itu sesuai keputusan dalam rapar koordinasi bersama unsur Forkompida, Asosiasi Pedagang, serta Pemerintah Kelurahan Gogagoman,” katanya.

Aray menambahkan, dalam rapat koordinasi yang digelar di Aula Kantor Wali Kota Kamis kemarin, juga disepakati sejumlah poin terkait pembentukan bazar ramadan, “Bukan hanya nama yang beralih dari Pasar Senggol menjadi Bazar Ramadan, tapi juga mekanisme pendaftarannya pedagang. Jadi, setiap calon pedagang harus mendaftarkan diri secara langsung dan tidak bisa diwakili, baik itu saudara atau pihak asosiasi,” urainya.

Mekanisme pendaftaran itu, kata Aray, dilakukan untuk mencegah adanya permainan yang dilakukan oleh oknum calo, “Kita akan pemeriksa dan mencocokan pedagang yang mendaftar dengan yang ada di lokasi. Mekanismenya setelah melakukan pendaftaran dan membayar retribusi, langsung dilakukan pencabutan nomor lapak kemudian ditandai untuk diukur,” terang Aray.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here