SHS Setujui Penahanan SM Terkait Kasus Dana MaMi Boltim

0
490

SHS Setujui Penahanan SM Terkait Kasus Dana MaMi Boltim Headline Hukum

ZONA HUKRIM – Penyidikan kasus dana Makan Minum (MaMi) DPRD Boltim terus berproses, menyusul persetujuan tertulis Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang (SHS) perihal surat permohonan persetujuan tertulis pelaksanaan penahanan yang dilayangkan Polres Bolmong, per tanggal 2 April 2014.

Dalam surat tersebut tertuang, bahwa berdasarkan UU nomor 12 tahun 2008 Jo UU Nomor 23 Tahun 2004 pasal 53 ayat (3) maka pada prinsipnya Gubernur Sulut atas nama Menteri Dalam Negeri menyetujui tindakan penyidikan yang dilanjutkan dengan penahanan terhadap tersangka SM.

Kasat Reskrim Polres Bolmong AKP Iver Manossoh mengatakan, permintaan persetujuan tertulis itu merupakan tahapan yang harus dilakukan penyidik dalam pemeriksaan pejabat negara. Namun kata Manossoh, setelah semua prosedur ke gubernur ditempuh, perlu tidaknya penahanan sangat bergantung dari penilaan dan pertimbangan penyidik sebagaimana diatur dalam KUHAP.

Manossoh menjelaskan, penyidik dalam melakukan penahanan, menilaian dan mempertimbangkan jika ada keadaan yang menimbulkan kekhawatiran bahwa tersangka akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti, atau mengulangi tindak pidana.

“Tiga hal tersebut merupakan pertimbangan subjektif untuk melakukan penahanan. Jadi, pertimbangan penahanan benar-benar berdasarkan kebutuhan penyidikan, bukan untuk kepentingan lain,” jelas Manossoh kepada zonabmr,com saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (20/5) sore tadi.(*)

Peliput: Gito Mokoagow

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here