Sidang Kasus Tabrakan Maut di Matali, Hadirkan Tiga Saksi

0
410
Sidang Kasus Tabrakan Maut di Matali, Hadirkan Tiga Saksi Hukum
Tampak ketiga saksi saat memberikan keterangan dalam persidangan

ZONA HUKRIM – Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu Senin (28/4) menggelar sidang kasus kecelakaan yang terjadi di Matali Februari lalu, yang mengakibatkan korban En Lapatola, warga Matali meninggal dunia akibat tertabrak bentor yang dikemudikan terdakwa Iwan Dasinangon, Warga Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Sidang yang diketuai Majelis Hakim I Dewa Made B Watsara SH, anggota Harianto Mamonto SH, dan Crhisty Leatemia SH, menggagendakan pemeriksaan saksi yang digelar pukul 15.00 Wita sore tadi.

Saksi yang dihadirkan yakni Iswan Simbala, Os Makalalag, dan Ishak Bawoel. Dihadapan majelis hakim Ketiga saksi mengatakan bahwa mereka tidak melihat kejadian saat peristiwa tabrakan terjadi, namun mereka mendengar bunyi benturan keras dari tabrakan itu. “Kita dengar ba bunyi kuat, kita kaluar rumah langsung dapa lia korban so tergeletak di jalan,” kata Ishak.

Mereka juga melihat korban saat diangkut kendaraan bentor menuju rumah sakit. “Kita sempat lia korban dorang se nae di bentor, dapa lia depe kapala luka berat, sopir yang ba tabrak masih disitu deng depe bentor, dia le iko ba angka korban,” aku Iswan kepada Majelis Hakim.

Keterangan ketiga saksi tersebut dibenarkan terdakwa saat ditanyakan majelis hakim. Semnetara JPU Gerei Sambine SH juga menanyakan kepada terdakwa apakah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), terdakwa mengaku memiliki namun tidak berlaku, “Saya punya SIM namun habis masa berlaku, dan belum saya perpanjang,” kata terdakwa.

Sidang kemudian ditutup majelis hakim dengan mengagendakan sidang lanjutan pada Senin (08/5) pekan depan, menggagendakan sidang tuntuan.

Diketahui, kejadian terjadi Selasa (18/2), sekitar pukul 11.00 Wita di ruas jalan DC Manoppo, Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur. saat itu Korban hendak mengembalikan barang pinjaman di rumah tetangganya, namun saat menyeberang jalan ia tertabrak Bentor warna hitam, dengan Nopol DB 6390 AL yang dikemudikan terdakwa. Korban pun meninggal dalam perjalanan dirujuk ke Rumas Sakit Manado.

Peliput: Zulkifli Linggotu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here