Siswi SD di Kobo Kecil Positif DBD

0
649
Siswi SD di Kobo Kecil Positif DBD Kesehatan
Tampak Shasa dalam perawatan di RS

ZONA KESEHATAN – Shasa Ginintu, siswi kelas 3 SD warga Kobo Kecil sejenak harus meninggalkan aktifitas sekolahnya karena positif terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan harus menjalani perawatan di RSUD Datoe Binangkang.

Berawal dari demam yang tinggi, Arni Paputungan Ibu dari Shasa mengira itu hanya demam biasa. Namun, setelah dua kali memeriksakan ke puskesmas setempat panas Shasa tidak juga turun.

“Shasa so dua kali ba priksa di puskes deng so ambe obat lagi, mar ndak turun-turun depe panas,” katanya, Kamis (05/2).

Karena panas yang tak kunjung turun, Shasa pun langsung dibawa ke Laboratorium Prodia Kotamobagu untuk diperiksa dan ternyata Shasa positif terjangkit DBD.

“Shasa da bawa ba priksa di Prodia, kong dorang bilang positif DBD, jadi kita langsung bawa di RSUD Datoe Binangkang.” tutur Arni.

Terhitung sudah empat hari sejak (2/2/15), Shasa menjalani perawatan di RSUD. Shasa terbujur lemah dengan selang infus yang masih melekat di tangannya. Shasa mengaku ingin segera sembuh agar bisa segera kembali sekolah dan bermain dengan teman-temannya.

Sementara itu, Kepalas Dinas Kesehatan Kotamobagu, dr. Salmon Heldelwery mengatakan, terhitung sejak Januari 2015 sudah ada 9 kasus DBD di Kotamobagu.

Dirinya pun mengimbau agar warga menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan 3M Plus, yaitu Mengubur, Menguras, Menutup serta Menabur bubuk Abate pada wadah penampungan Air yang bertujuan untuk mencegah nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak.

“Demi menjaga meningkatnya pasien DBD di Kotamobagu, kami segera melakukan pengasapan (fogging) di lokasi warga yang terjangkit DBD.” terang Salmon.

Peliput: Ady Imban

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here