SKPD Pemkot Tindak Lanjuti Instruksi Wali Kota Bantu Korban Kebakaran

0
226

SKPD Pemkot Tindak Lanjuti Instruksi Wali Kota Bantu Korban Kebakaran Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Menindaklanjuti Instruksi Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, SKPD lingkup Pemerintah Kota Kotamobagu langsung turun ke lokasi yang terkena musibah kebakaran pada Jumat (28/7) dini hari, untuk membantu para korban.

SKPD yang terlihat di lokasi, antaranya BPBD, Dinsos, Dinkes, SatpolPP-Damkar), DKP, BLH, Dinas PUPR, Dinas PRKP, Diskominfo, serta beberapa pimpinan SKPD.

Menurut Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Kotamobagu, Drs. Gunawan Damopolii, ada beberapa instansi teknis yang akan ditempatkan selama beberapa hari ke depan di lokasi kejadian.

“Nanti ada yang bertugas di posko kesehatan, posko tanggap darurat bencana dan di gedung SKB Kotamobagu,” kata Gunawan.

Kepala BPBD Kotamobagu, Refly Mokoginta, SE, melalui Sekretaris Badan, Retna Sari Damopolii, ST, ME, mengatakan, pihak BPBD Kotamobagu saat ini sedang melakukan pendataan terhadap para korban.

“Para korban kami data, untuk mengetahui jumlah korban dan apa saja kebutuhan mereka selama beberapa hari kedepan. Selain itu, kami juga menyiapkan tempat tinggal sementara dan dapur umum yang berlokasi di SKB Kotamobagu,” katanya.

Sementara itu, Dinas Sosial Kotamobagu juga telah menyiapkan bantuan bagi para korban. “Bantuan dari Dinas Sosial diantaranya, matras, terpal, selimut, paket peralatan rumah tangga berupa rantang, piring, gelas dan sendok serta paket ikan kaleng dan mie instan,” kata Sekretaris Dinsos, Suhartien Tegela, SE.

Dinas Ketahanan Pangan (BKP) Kotamobagu, telah menyiapkan stok beras cadangan pemerintah untuk dibagikan kepada para korban. “Kami tinggal menunggu data dari BPBD dan Lurah Gogagoman, berapa banyak yang diperlukan. Pada dasarnya kami siap, karena stok beras cadangan  pemerintah  selalu tersedia,” kata Kepala DKP Kotamobagu, Nurachim P. Mokoagow, S.Pt.

Diketahui, musibah kebakaran menghanguskan sedikitnya  21 rumah, yang dihuni oleh kurang lebih 40 kepala keluarga.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here