Soal Dandes, APBDes dan Perdes Harus Rampung

0
181
Soal Dandes, APBDes dan Perdes Harus Rampung Bolmong
Ashari Sugeha

ZONA BOLMONG – Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dan peraturan desa (Perdes) untuk mendapatkan dana desa (Dandes) wajib segera dirampungkan. Pasalnya, dalam waktu dekat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong akan menyalurkan Dandes.

 “Kita tinggal menunggu dana transfer dari pemerintah pusat dan seterusnya dana tahap pertama akan diteruskan ke rekening desa,” ujar Sekretaris Daerah Bolmong Ashari Sugeha.

Ia mengungkapkan, kemungkinan besar Dandes tahap I akan ditransferkan pemerintah pusat akhir April ini. Katanya, setelah itu, jika setiap desa sudah menyiapkan persyaratan pencairan dana, Pemkab akan langsung menyalurkan dana tersebut.

“Jika sudah lengkap langsung disalurkan. Pemkab tidak ingin menahan Dandes agar berbagai pembangunan di desa bisa dilaksanakan secepatnya,” terang Ashari.

Sementara itu, Kepala BPMD Bolmong, Sunge Paputungan menegaskan kepada pemerintah desa agar proaktif mengurus APBDes dan Perdes sebagai persyaratan utama mencairkan dana tersebut. Sebab hingga kini belum ada satupun desa yang memasukkan Perdes dan APBDes ke Pemkab Bolmong.

“Kita berharap persyaratan tersebut segera dirampungkan agar tidak ada kesan terjadi keterlambatan pencairan dana,” tegasnya. “Jika ada kendala langsung saja mendatangi BPMD untuk melakukan konsultasi,” tambah Sunge. (irgi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here