Soal Hama Kelapa, Dispertanak Diminta Segera Lakukan Pencegahan

0
357
Soal Hama Kelapa, Dispertanak Diminta Segera Lakukan Pencegahan Kotamobagu
Anugrah Begie Ch Gobel

ZONA KOTAMOBAGU – Hama penyakit yang menyerang tanaman kelapa di Kabupaten tetangga, Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dikabarkan mulai menyerang perkebunan wilayah kota Kotamobagu. Instansi terkait pun diminta segera lakukan tindakan pencegahan.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan, personil Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Anugrah Beggy Gobel saat bersua zonabmr.com, Selasa (26/05) di ruang kerjanya.

Kata Gobel, pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertanak) Kotamobagu harus berkoordinasi dengan Kabupaten Boltim dan melakukan tindakan pencegahan,

“Tindakan pencegahan secepatnya harus dilakukan, karena jika hama sudah terlanjur menyebar, kerugian yang diderita akan lebih besar,” katanya.

Lanjutnya, kondisi tersebut sifatnya mendesak, sehingga perlu segera ditindaklanjuti. “Jika dana pencegahan tidak ada karena tidak dianggarkan, bisa melalui mekanisme penggeseran dana atau dianggarkan pada APBD-P,” harapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Boltim telah angkat tangan mengatasi serangan hama yang pertama kali menyerang kelapa di perkebunan Modayag wilayah setempat. Sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Boltim, Sonny Waroka, yang mengaku kewalahan karena Dinas yang dipimpinnya tidak menganggarkan dana untuk itu.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here