Soal IndieHome, Telkom: FUP Berbeda dengan Kuota

Soal IndieHome, Telkom: FUP Berbeda dengan Kuota Teknologi

ZONA TEKNOLOGI – Kebijakan FUP (Fair Usage Policy) yang diterapkan salah satu penyedia layanan TV kabel dan akses internet di Indonesia, IndiHome, berbeda dengan sistem kuota yang biasa diterapkan pada paket data yang ditawarkan oleh operator seluler.

“Kuota bertujuan untuk membuat pelanggan bayar tambahan, sedangkan FUP bertujuan agar pelanggan menggunakan internet secara fair,” kata Vice President of Consumer Marketing and Sales Telkom, Jemy Confindo.

Dia menjelaskan, yang dimaksud dengan “adil” dalam penggunaan FUP adalah jika pengguna tidak menyalahgunakan pemakaian internet, misalnya dengan melakukan streaming video, mengunggah atau mengunduh video secara terus menerus.

Selain itu, FUP juga diterapkan dengan harapan agar pengguna tidak menjual kembali layanan internet yang mereka dapatkan.

“Pada dasarnya semua operator fixed broadband menerapkan FUP dengan istilah yang agak berbeda, tapi tujuannya sama,” kata Jemy. Dia juga menyebutkan, di beberapa negara lain seperti Jepang, Amerika dan Malaysia, kebijakan FUP juga diterapkan.

“Bahkan di Malaysia, FUP dibatasi hanya 120GB,” ujarnya. Sebagai perbandingan, IndiHome menerapkan FUP 300GB untuk layanan IndiHome 10Mbps. Kebijakan itu masih memadai untuk pemakaian rumah tangga, karena fair usage policy 300GB itu setara menonton 1200 film pada kualitas HD.

Sumber: Metrotvnews.com

Leave a Response