Soal Kewenangan Kelola Pajak Galian C, Hamka: Akan Dikonsultasikan ke Provinsi

0
284

Soal Kewenangan Kelola Pajak Galian C, Hamka: Akan Dikonsultasikan ke Provinsi Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) akan melakukan konsultasi ke Provinsi Sulawesi Utara terkait pengelolaan pajak galian C. Upaya itu dilakukan karena sampai saat ini belum ada mekanisme pasti soal penagihan serta besaran pajak. Sementara telah ditentukanya target untuk galian C berkisar Rp 300-an juta.

“InsyaAllah dalam satu dua hari ini kami akan melakukan konsultasi dengan Pemprov soal galian C ini. Apakah galian C ini menjadi kewenangan sepenuhnya dari provinsi atau seperti apa,” kata Kepala DPPKAD melalui Kepala Bidang Pendapatan, Hamka Daun saat di konfirmasi zonabmr.com, Jumat (10/6) siang tadi.

Menurut Hamka, perlunya kepastian soal pajak galian C tersebut. Mengingat pajak itu masuk dalam target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang telah ditentukan tahun 2016 sebesar Rp 31 miliar. “Kami masih menungu kepastianya agar bisa memiliki penjelasan yang mendasar. Apalagi ini masuk dalam PAD,” katanya.

Untuk memaksimalkan PAD dari galian C ini tambahnya, Pemkot Kotamobagu akan melakukan inventarisir galian C yang berada di wilayanya, “Jika sudah ada kepastia dari provinsi, kita akan turun melihat potensi-potensi PAD dari galian C ini. Nantinya, galian C yang berada di wilayah Kota Kotamobagu, harus patuh terhadap penetapan pajak,” terangnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here