Soal Mahar Politik, Hanura Gagal Usung Landjar

0
554
Soal Mahar Politik, Hanura Gagal Usung Landjar Boltim
Ketua DPC Partai Hanura Boltim Idham Mokodompit

ZONA BOLTIM – Keputusan Partai Hanura Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dalam Musyawarah Cabang (Muscab) yang sebelumnya menetapkan Sehan Landjar sebagai calon tunggal di Pilkada Boltim, akhirnya gagal. Hal itu ditengarai masalah mahar yang harus dikucurkan Sehan kepada partai tersebut.

Terinformasi, Sehan diminta harus menyetor uang sebesar miliaran rupiah kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Sulut. Mulai dari biaya pendaftaran Rp 50 juta dan Rp 350 juta per kursi dari tiga kursi yang ada di DPRD Boltim. Artinya, Sehan harus menyetor sebanyak Rp 1,1 Miliar kepada DPD Partai Hanura. Hal itu pun dibenarkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Boltim, Idham Mokodompit dihadapan sejumlah awak media, Kamis (18/06).

Menurutnya Idham, permintaan DPD mewajibkan calon menyetor uang justru melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2015 tentang perubahan UU Nomor 1 tahun 2015 tentang Perppu Nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota.

“Makanya saya juga menyayangkan sikap DPD Partai Hanura, setelah memutuskan calon tunggal, belakangan minta uang hingga miliaran rupiah kepada calon kepala daerah. Ini namanya bukan membesarkan partai,” ungkap Idham dengan nada kesal.

Dia menegaskan, DPC Hanura Boltim juga menolak keras cara-cara yang tidak benar dilakukan DPD Hanura Sulut meminta setorang uang kepada calon yang akan diusung.

“Jadi saya menyesalkan keputusan DPD Partai Hanura Sulut yang mewajibkan calon Bupati dari Boltim untuk menyetor uang. Sementara partai lain tidak meminta uang sepeser pun kepada calon, justru mereka membantu dana,” pungkasnya sembari menyimpulkan, Partai Hanura telah gagal mengusung Sehan Landjar untuk Calon Bupati di Pilkada Boltim tahun 2015.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here