Soal Netralitas, Panwascam Modayag Warning PNS, Sangadi dan Perangkat Desa

0
224
Soal Netralitas, Panwascam Modayag Warning PNS, Sangadi dan Perangkat Desa Boltim Headline Politik
Suharianto Yahya

ZONA POLITIK — Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Modayag me-warning Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta para sangadi dan perangkat desa soal netralitas di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Ketua Panwascam Modayag, Suharianto Yahya SH, mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan surat imbauan per 16 Maret yang menegaskan pejabat negara, daerah, TNI dan Polri serta lurah dan kepala desa, tidak bisa melakukan tindakan menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

“Ini tertuang dalam undang-undang nomor 10 tahun 2016. Dimana, pejabat negara dan daerah serta kepala desa atau sebutan lain/Lurah yang dengan sengaja melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 71 ayat 1, dipidana dengan pidana penjara 6 bulan dan denda paling sedikit enam ratus ribu rupiah atau paling banyak enam juta rupiah,” katanya.

Selain itu, jelasnya, dalam udang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa pasal 29 huruf J menyebutkan, kepala desa dilarang ikut serta atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum atau Pilkada.

”Untuk itu Panwascam Modayag mengimbau Camat Modayag dan jajarannya serta kepala desa yang ada dibawahnya, agar menjaga netralitas dan tidak memihak kepada pasangan calon manapun pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta bupati dan wakil bupati 2020,” tegasnya.

Anggota Panwascam Modayag, Irwan Mamonto, mengungkapkan pihaknya akan terus melakukan pengawasan guna menimalisir berbagai potensi kecurangan termasuk keterlibatan langsung PNS, sangadi dan perangkat desa dalam kegiatan partai politik atau kandidat tertentu. “Ketika sudah diberi peringatan lewat surat imbauan itu kemudian kita masih menemukan ada PNS, sangadi atau perangkat desa di wilayah Kecamatan Modayag yang tidak netral, maka akan kami tindaklanjuti,” ungkapnya, dibenarkan Anggota Panwascam lainnya, Markus Runtuh. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here