Soal Pemanfaatan Rumah Produksi Gula Semut, Begini Penjelasan Kepala Disperinaker

0
186
Soal Pemanfaatan Rumah Produksi Gula Semut, Begini Penjelasan Kepala Disperinaker Headline Kotamobagu
Imran Golonda

ZONA KOTAMOBAGU – Pabrik gula semut yang dibangun di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, belum bisa difungsikan. Pasalnya, beberapa sarana pendukung belum ada. Padahal, sejumlah fasilitas termasuk peralatan mesin sudah tersedia dan siap digunakan.

“Masih terkendala air. Karena di sini wilayah ketinggian sehingga agak kesulitan. Tapi kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa, bahwa ada sumber mata air di sekitar lokasi ini yang bisa digunakan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker), Imran Golonda, saat ditemui di pabrik gula semut, Senin (2/3).

Selain terkendala air, ia mengungkapkan proses pengolahan gula sedikit terkendala karena sistem pengapian pada mesin pengolahan gula yang belum sesuai standar yang dibutuhkan.

“Pernah diuji coba, tapi gulanya tidak seperti yang dimasak manual karena pengapiannya yang kurang. Solusinya adalah akan dibangun lima tungku di bagian luar. Nanti proses pemasakan gula melalui tungku itu baru dipindahkan ke dalam (mesin produksi),” ungkapnya.

Rumah produksi yang dibangun pemerintah itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para pengrajin gula. “Sasaran kita adalah bagaimana masyarakat bisa sejahtera. Jika semua fasilitas dan sarana penunjang lainnya sudah lengkap, maka bisa langsung bisa dioperasikan,” ujarnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here