Soal Permendag Miras, Pemkot Diminta Lakukan Pendekatan Kultural

0
432
Soal Permendag Miras, Pemkot Diminta Lakukan Pendekatan Kultural Kotamobagu
Anggota Komisi I DPRD KK, Dani Mokoginta, SH

ZONA KOTAMOBAGU – Anggota Komisi I DPRD Kota Kotamobagu, Dani Mokoginta, mengkritik Pemerintah Kotamobagu soal belum menerapkannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 6 Tahun 2015.

Menurut Dani, Permendag tentang pelarangan penjualan minuman beralkohol tipe A secara bebas yang resmi diberlakukan sejak tanggal 16 April 2015 tersebut, perlu dilakukan pendekatan secara kultural.

“Tanpa menafikkan Permendag, seharusnya jangan hanya dilakukan pendekatan secara struktural dengan undang-undang, tapi pendekatan kultural harus lebih intens dilakukan,” katanya.

Lanjut dijelaskannya, pendekatan kultural yang dimaksud adalah orang tua, guru, kelompok agamawan dan masyarakat harus memberikan pembekalan dan pemahaman soal miras.

“Faktor-faktor seperti pengangguran dan tidak adanya wadah berekspresi untuk anak muda, termasuk penyebab maraknya konsumsi Miras. Itu juga harus kita pikirkan bersama solusinya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindagkop KK, Herman Aray mengatakan, belum diterapkannya Permendag tersebut dikarenakan masih menunggu Juknis dan Juklak. Dan pihaknya akan bertandang ke Jakarta untuk menemui Menteri Perdagangan terkait persoalan tersebut.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here