SSM: Saya Siap Maju Bersama PDIP

0
437
SSM: Saya Siap Maju Bersama PDIP Boltim Politik
Sam Sachrul Mamonto

ZONA BOLTIM – Jelang pendaftaran calon kepala daerah untuk hajatan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Boltim, tak dipungkiri tensi politik makin meninggi khususnya di internal partai yang akan mengusung pasangan calon. Seperti halnya Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Boltim, yang santer dikabarkan tidak jadi mengusung sang Ketua DPC Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos.

Sementara, di kubu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), telah menetapkan Sam Sachrul Mamonto sebagai calon Bupati didampingi Medy Lensun sebagai Calon Wakil Bupati Boltim periode 2015-2020. Hal itu sebagaimana rekomendasi sekaligus instruksi yang dikeluarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) tertanggal 27 Juni 2015 Nomor 319/IN/DPP/VI/2015.

Terkait hal tersebut, Alul—sapaan Sam Sachrul Mamonto—kepada media ini pun mengaku kalau dirinya siap maju bersama Medy Lensun, meski tanpa rekomendasi dari PAN. “Saya siap maju bersama PDI Perjuangan sebagai Balon Bupati Boltim. Meski tak didukung PAN. Tapi, PDI-P adalah partai komit dengan putusan mereka,” singkat Alul yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPRD Boltim.

Sekadar diketahui, dinamika pengusungan calon di internal PAN sendiri tampaknya menjadi perhatian serius Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amin Rais dan Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PAN, Sutrisno Bachir .

Hal itu disampaikan Wasekjen DPP PAN, Muhammad Rodli Kaelani, seperti dikutip dari suarapembaharu.com terbitan Minggu (19/7). Kata Rodli, perhatian kedua petinggi PAN tersebut dikarenakan banyak keluhan dan komplain yang diterima keduannya dari beberapa daerah, menyusul banyaknya kader PAN yang sulit diakomodasi dan diusung sebagai calon kepala daerah.

Padahal, tambah Rodli, para kader tersebut merupakan pimpinan PAN di tingkat provinsi dan Kabupaten/Kota yang memiliki elektabilitas kemenangan cukup signfikan. Tapi malahan, terlihat Tim Pilkada DPP PAN seringkali mendorong calon dari luar yang belum terbukti berkomitmen dengan PAN.

“Jadi Ketua Dewan Kehormatan dan Ketua MPP PAN meminta kepada DPP PAN agar lebih aware dan memprioritaskan untuk mengusung kader PAN dalam Pilkada nanti,” kata Rodli.

Lanjutnya, kedua petinggi PAN itu juga telah berkomunikasi dengan Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum DPP PAN untuk melakukan evaluasi dan meninjau calon-calon kepala daerah yang akan diusung.

“Kedua petinggi PAN ini telah berkomunikasi dengan bang Zul selaku ketua Umum DPP PAN serta meminta agar, formula tim Pilkada DPP yang mengurusi persiapan dievaluasi dalam meninjau calon-calon kepala daerah yang akan diusung PAN,” tambahnya.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here