Survei IPC, OD-SK Menang Telak di 13 Daerah

0
292
Survei IPC, OD-SK Menang Telak di 13 Daerah Politik
Hasil survei IPC menunjukkan OD-SK menang telak di 13 Daerah

ZONA POLITIK – Hasil akhir pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) akan ditentukan rakyat pada 9 Desember mendatang. Namun, gambaran siapa pemenang mulai mencuat ke permukaan, salah satunya sebagimana data dirilis Indoresearch Public Care (IPC).

IPC yang merupakan lembaga survei independen berkelas nasional dan berkantor pusat Jakarta tersebut menyebutan, pasangan calon (paslon) Olly Dondokambey SE dan Drs Steven Kandouw, berpeluang besar memenangkan pertarungan lima tahunan tersebut. Pasangan nomor urut satu yang diusung PDIP bersama PAN dan Partai Nasdem ini, sekarang memiliki elektabilitas tertinggi.

“Kami sudah beberapa kali melakukan survei untuk Pilgub 2015 di tingkat Provinsi Sulut. Pertama, pasca pendaftaran di KPU. Kemudian pasca penetapan dua pasangan calon. Dan survei terkini terhadap tiga paslon yang resmi ditetapkan KPUD Sulut, posisi sekarang OD-SK diatas calon lain,” kata Direktur Riset dan Operasional IPC, Dr Afendy A Nugroho, didampingi Stanly Mewengkang selaku Koordinator Regional IPC Sulut, Sabtu (10/10), usai Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Survei Pemilukada se-Sulut.

Di sisi lain kata Stanly, survei terakhir dilakukan sejak September hingga Oktober 2015. Cara penarikan dan pengambilan sampel menggunakan metode standar teknik multistage random sampling. Berhubung ini di tingkat provinsi, maka mengambil sampel berjumlah 5.316 responden, tersebar di 15 kabupaten/kota, 167 Kecamatan dan 1.772 desa/kelurahan se-Sulut.

Lanjutnya, berdasarkan jumlah sampel itu, diperkirakan margin of eror sebesar ± 1.5 % pada tingkat kepercayaan 95 %, “Nah, hasil survei kali ini, menempatkan paslon Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, teratas meraih dukungan 44.62 % responden. Dan memiliki elektabilitas tertinggi di tiga belas kabupaten/kota. Pada posisi kedua, ditempati paslon nomor tiga, Benny Mamoto dan David Bobihoe Akib, yang memperoleh dukungan 30.25 % responden dan menguasai dua kabupaten. Di posisi terakhir, paslon nomor tiga, Maya Rumantir dan Glenny Kairupan dengan dukungan 22.05 % responden,” jelasnya.

Ia menambahkan, responden yang belum menentukan sikap dan pilihan, hanya tersisa 3.08 % responden. “Ini menjadi gambaran bahwa Olly-Steven menang telak hasil survei di 13 kabupaten/kota. Fakta ini bisa menjadi gambaran bahwa program dan visi-misi yang disosialisasikan paslon nomor satu lebih mudah diterima dan dicernah. Bahkan mungkin lebih dipercaya menjadi harapan masyarakat Sulut, bila mereka terpilih nanti,” katanya.

Selain itu, kualitas personal figur OD-SK menjadi faktor penunjang lainnya. Kata dia, mereka dipilih dalam hubungannya dengan persepsi bahwa bisa dipercaya, jujur, perhatian atau peduli pada rakyat, dan mampu memimpin (terbukti hingga saat ini Olly tercatat sebagai Anggota DPR-RI selama 2 periode dan begitu pun dengan Steven sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, selama 2 periode).

“Mengacu pada hasil survei terkini, jika pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, berlangsung hari ini, maka hanya faktor ‘Tsunami Politik’ yang bisa mengalahkan Olly-Steven. Meskipun, fakta survei ini bukanlah hasil final Pilgub Sulut. Namun dengan adanya respon publik yang terus-menerus memperhatikan gerak-gerik dan aktivitas sosialisasi ketiga pasangan calon tersebut, maka dapat dipastikan telah menjadi parameter serta indikator bagi para pemilih dalam menentukan sikap dan pilihannya. Kunci meraih kemenangan, tentunya semua kembali ke kesiapan diri dari masing-masing calon tersebut,” pungkasnya.(idm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here