TA 2016, Bolmong Cetak 3000 Hektare Sawah Baru

0
248
TA 2016, Bolmong Cetak 3000 Hektare Sawah Baru Bolmong
Ir. Taufik Mokoginta

ZONA BOLMONG – Tahun anggaran (TA) 2016 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), akan melaksanakan pekerjaan proyek percetakan sawah baru seluas 3000 hektare.

Kepala Distanak Pemkab Bolmong, Taufik Mokoginta, mengatakan, terkait percetakan sawah baru, sebagaimana bantuan program pemerintah pusat, harus benar-benar dilakukan dengan baik, “Terlebih masalah irigasi. Irigasi adalah hal penting dalam sistim pengairan di sawah,” kata Taufik, sembari menambahkan selain irigasi tentunya perencanaan juga harus matang.

Namun, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), meminta Distanak, untuk teknis pengairannya atau irigasi untuk mengaliri ke sawah harus lancar, “Mencetak sawah baru tak mudah. Sebab harus pikir dengan matang masalah irigasinya,” kata Ketua Komisi III DPRD Bolmong, Hi Masri Daeng Masenge, Kamis (07/04) .

Pasalnya, kata Masri, meski anggaran untuk percetakan sawah baru itu diperoleh melalui bantuan pemerintah pusat, namun, ada dana sharing dari pemerintah daerah, “Nah, pemerintah harus mengalokasikan anggaran untuk pembangunan irigasi sawah sehingga tidak hanya mengharapkan air hujan saja,” tutur Masri.

Lanjutnya, pembangunan irigasi ini penting untuk dilakukan demi mengantisipasi datangnya musim kemarau berkepanjangan, “Apalagi bila datang musim kemarau, biasanya ada areal persawahan harus beralih tanamannya, karena irigasinya kurang baik,” tambahnya.

Masih kata Masri, pembangunan irigasi itu adalah untuk menyukseskan program pemerintah tentang swasembada pangan, “Daerah kita adalah kabupaten lumbung pangan, makanya harus benar-benar sukses,” harapnya.

Sekadar diketahui, pada TA sebelumnya, Bolmong melaksanakan program cetak sawah baru 1.880 hektare. Selanjutnya pada TA 2016, oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian telah mengalokasikan dana untuk mencetak sawah baru seluas 3.865 hektare di tujuh Kabupaten Kota. Luasan ini, terdistribusi di Bolmong seluas 3.000 hektare, Bolmut 20 hektare, Bolsel, Boltim, dan Minsel masing-masing 100 hektare. Kemudian Minahasa Tenggara 145 hektare dan Kabupaten Kepulauan Talaud seluas 400 hektare.(irgi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here