Tahanan Meninggal, Kapolres Bolmong Bentuk Tim Investigasi

0
606
Tahanan Meninggal, Kapolres Bolmong Bentuk Tim Investigasi Headline Hukum
Kapolres Bolmong AKBP Wiliam A Simanjuntak SIK

ZONA BOLMONG – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bolmong, AKBP William Simanjuntak mengatakan, pihaknya sedang melakukan investigasi terkait kasus RJ (24) warga Desa Talaga, Kecamatan Bolangitang, seorang tersangka yang meninggal dalam penahanan pihaknya, Senin (05/1) lalu.

“Saya sudah memebentuk tim khusus guna menginvestigasi kasus tersebut,” kata Kapolres saat diwawancara, Rabu (7/1). (baca juga: Tersangka Penikam Polisi Bolmut Meninggal Dalam Penahanan)

Menurutnya, tim khusus tersebut saat ini sementara bekerja menelusuri penyebab meninggalnya RJ. “Saya minta kepada para wartawan agar bersabar. Kasus ini pasti saya tindaklanjuti,” ujarnya.

Simanjuntak menambahkan, jika dalam hasil investigasi ditemukan ada penyimpangan dilakukan anggotanya, maka akan diberikan sanksi.

“Saya sudah laporkan ke Kapolda jika ada anggota saya yang melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi keras,” tutur Simanjuntak.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite I DPD RI, Benny Rhamdani mengatakan, dirinya memeberikan dukungan kepada Kapolres Bolmong agar secepatnya menyelesaikan kasus meninggalnya RJ dalam penahanan Polres Bolmong. “Saya percaya Kapolres bisa menuntaskan masalah ini,” ungkap Benny.

Senator yang membidangi politik hukum dan hak asasi manusia (HAM) itu lanjut meminta Kapolda Sulut membuat tim investigasi guna membantu tim yang dikomandoi Kapolres Bolmong.

“Saya berharapa pegungkapan kasus ini dilakukan secara transparan dan objektif, serta harus diinformasikan ke publik. Agar tidak tercipta opini yang beragam di masyarakat,” harap Benny.

Benny sendiri mengaku tengah melakukan investigasi dengan mengumpulkan bukti-bukti. Namun dirinya belum menarik kesimpulan jika ada pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dalam kasus ini, “Keluarga RJ sudah menelon saya. Jika nantinya kasus ini melibatkan aparat, itu masuk kategori pelanggaran HAM,” tandasnya.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here