Tahapan Pilkada Boltim Dilaksanakan Awal Januari

0
400
Tahapan Pilkada Boltim Dilaksanakan Awal Januari Boltim
Hendra Damopolii

ZONA BOLTIM – Kendati Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Pilkada yang diterbitkan mantan Presiden SBY masih menyisakan pro-kontra karena belum dibahas oleh DPR-RI, Namun KPUD Bolmong Timur (Boltim) memastikan siap menggelar Pilkada September 2015 mendatang dengan mengacu pada Perppu tersebut.

Ketua KPUD Boltim, Hendra Damopolii menyatakan, persiapan Pilkada tahun depan, pihaknya tetap mengacu pada Perppu Nomor 1 Tahun
2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, sekaligus menunggu Peraturan KPU (PKPU) terkait dengan teknis penyelenggaraan. “Kami sedang menunggu PKPU. Namun prinsipnya, kami tentu siap melaksanakan Pilkada secara langsung, September 2015 dengan mengacu kepada Perppu Nomor 1 Tahun 2014,” ujar Damopolii, Minggu (17/11) kemarin.

Hendra menjelaskan, tahapan Pilkada Boltim sendiri diharapkan sudah mulai digelar pada Januari mendatang, karena kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih nanti harus sudah dilantik sebelum akhir masa jabatan pada awal Oktober 2015. “Kami sudah mengantisipasi masalah ini jauh hari bersama KPU Sulut. Makanya, sesuai instruksi mulai awal tahun ini tahapan sudah bisa kita laksanakan,” paparnya.

Terkait anggaran pilkada sendiri, Hendra mengaku telah menerima surat edaran dari KPU RI. Lebih lanjut dia menerangkan, beberapa poin yang ditegaskan melalui surat edaran itu diantaranya mengenai koordinasi dengan pemerintah setempat untuk kesiapan anggaran pilkada lewat APBD 2015. “KPUD terus berkoordinasi dengan Pemkab Boltim terkait anggaranya. Waktu lalu plafon yang kita ajukan sebesar Rp 13,2 miliar. Namun kita tunggu jawaban dari pemerintah berapa beban anggaran yang disediakan,” terangnya.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here