Tak Berizin, BLH Siap Tutup Usaha Pembakaran Emas di Mogolaing

0
209

Tak Berizin, BLH Siap Tutup Usaha Pembakaran Emas di Mogolaing Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Tempat usaha pembakaran serta pemurnian material emas di Jalan Kampus, Kelurahan Mogolaing, Kecamatan Kotamobagu Barat, diduga ilegal. Sebagaimana dikatakan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kotamobagu melalui Kabid Lingkungan Hidup Subandi Paputungan, bahwa tempat pembakaran emas milik Sudirman Sulaiman itu tak memiliki izin.

“Kami baru mengetahui jika di pusat Kotamobagu ada pembakaran dan pemurnian material emas, dan tempat tersebut tak memiliki izin alias ilegal,” terang Subandi, Rabu (09/11) kemarin.

Diakuinya, tempat usaha tersebut tak pernah memberitahu atau mengurus izin ke pihak BLH. Yang berhubungan dengan tambang harus memiliki izin Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

“Ya, Sudirman Sulaiman beberapa waktu lalu sempat mengurus izin ke pihak BLH, namun hanya izin penjualan emas. Jika izin Amdal pertambangan adalah kewenangan provinsi yang akan mengeluarkan,” aku Subandi.

Ia pun membeberkan soal akan ada sanksi pada pemilik tempat usaha tersebut karena beroperasi secara ilegal. “Kami akan segera turun untuk mengecek kebenaran tempat usaha tersebut. Tempat usaha tersebut akan segera ditutup,” tegasnya.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here