Tak Masukkan Berkas ke BKPP, Pelamar CPNS Gugur

Tak Masukkan Berkas ke BKPP, Pelamar CPNS Gugur Kotamobagu

 

ZONA KOTAMOBAGU – Tahapan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sedang berlangsung. Saat ini, para pelamar mulai memasukkan berkas fisik atau asli ke Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) sesuai yang dipersyaratkan. Selanjutnya, berkas-berkas tersebut akan diverifikasi untuk menentukan nasib pelamar ke tahap selanjutnya.

Kepala Bidang Pengadaan dan Pengembangan Kompetensi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Faisal Pobela, mengatakan fisik berkas wajib dimasukkan oleh setiap pelamar usai mendaftar via online. “Kalau ada yang tak memasukkan berkas, tentu langsung gugur administrasi,” katanya, kemarin.

Ia menjelaskan, jumlah pelamar yang sudah terdaftar via online sebanyak 732 orang. Dari jumlah itu, baru 603 diantaranya yang memasukkan berkas ke BKPP hingga Rabu (10/10) pukul 16.00 Wita. “Pemasukkan berkas setiap hari kerja sampai jam empat sore. Untuk tenaga guru sudah ada 308 berkas, tenaga kesehatan 250 berkas dan tenaga teknik 45 berkas. Jumlah ini kemungkinan masih akan terus bertambah sampai tanggal 15 Oktober atau batas akhir tahapan pendaftaran,” jelasnya.

Lanjutnya, setelah berakhir tahapan pendaftaran akan dilanjutkan dengan seleksi administrasi. Berkas asli atau fisik yang dimasukkan peserta itu katanya yang akan diverifikasi, demikian juga dengan berkas yang diinput ke portal sscn.bkn.go.id. “Tahapan seleksi administrasi sampai tanggal 20 Oktober. Kemudian pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 21 Oktober. Peserta yang lulus (seleksi administrasi) otomatis merupakan peserta ujian,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, tahapan pendaftaran masih tersisa lima hari lagi. Oleh karena itu ia berharap agar calon pelamar segera menyelesaikan pendafataran via online. Sedangkan bagi pelamar yang sudah mendaaftar, diminta untuk segera memasukan berkasnya ke BKPP. “Penerimaan berkas sampai Hari Senin (pekan depan). Mudah-mudahan pendaftarnya terus bertambah agar semua formasi bisa terisi atau ada pelamarnya,” ungkapnya. (ads/trz)

Leave a Response