Tak Memenuhi Syarat, Dishub Tak Layani Uji KIR Bentor

0
264
Tak Memenuhi Syarat, Dishub Tak Layani Uji KIR Bentor Kotamobagu
Agung Adati, ST. MSi

ZONA KOTAMOBAGU – Status kendaraan umum jenis bentor (kendaraan roda tiga) di Kotamobagu tak layak beroperasi jika berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Hal itu sebagaimana diungkpakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kotamobagu, Agung Adati.

“Secara teknis tidak merekomendasikan bentor sebagai alat transportasi umum yang layak,” ujar Adati.

Ia menambahkan, jumlah bentor yang beredar di kotamobagu mencapai lebih dari 2500 kendaraan. Buntut dari tidak ada legalitas angkutan beroda tiga itu, beberapa tahun belakangan pihaknya tidak lagi melayani uji KIR atau izin pengujian kendaraan bermotor bagi bentor.

“Jadi tidak ada lagi retribusi atau pendapatan dari sub objek (bentor) ini,” terang mantan Kabag Humas Pemkot Kotamobagu itu.

Sehingganya, kata Adati, Dishub tidak mau mengambil risiko dengan menarik Pendapatan Asli Daerah (PAD) lewat pelayanan KIR dan izin operasi bentor. Lantaran menurut regulasi Undang-Undang Nomor 29 Tahun Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tidak memenuhi syarat.

“Tidak boleh kita kejar PAD saja. Bentor bekerja menggunakan rem yang hanya satu di belakang, kemudian keamanan penumpang di depan tidak terjamin. Karena itu tidak ada lagi layanan KIR bentor,” jelasnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here