Tak Milik Lab, DP4K Uji Sampel ke Makassar

0
284
Tak Milik Lab, DP4K Uji Sampel ke Makassar Kotamobagu
Hardi Mokodompit

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian Perikanan Peternakan Perkebunan Kehutanan dan Ketahanan Pangan (DP4K) Kotamobagu sampai saat ini belum memiliki laboratorium untuk memastikan sempel ayam yang mati mendadak positif flu burung atau bukan.

Hal itu diungkapkan Kepala DP4K, Hardi Mokodompit, saat diwawancarai Selasa (18/10). Kata dia, dalam beberapa kasus flu burung yang terjadi akhir-akhir ini di beberapa desa, pihaknya bekerjasama dengan balai besar di makassar turun langsung untuk melakukan test cepat.

“Dari hasil pemeriksaan cepat itu ditemukan gejala positif flu burung, namun kepastiannya menunggu dari Balai Besar di Makassar. Jadi, untuk hasil pemeriksaan sempel, kita kirim ke Balai Besar di Makassar, karna kita di sini belum memiliki laboratorium untuk menguji hasil sempel tersebut,” ujar Hardi.

Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara menegaskan bahwa DP4K harus bekerja keras dalam mengidentifikasi kasus flu burung tersebut, “DP4K harus bekerja keras melakukan pendataan. Ternaknya mati di mana, berapa yang mati, berapa yang masih hidup, dan apa jenis dari virus ini,” ujar Tatong pada kunjungannya di Kantor DP4K, Selasa (18/10).(sav/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here