Tanaman Tomat Petani Motbes Diserang Penyakit

0
430
Tanaman Tomat Petani Motbes Diserang Penyakit Kotamobagu
Tampak tanaman tomat yang mulai rusak

ZONA KOTAMOBAGU –  Sejumlah petani tomat di wilayah perkebunan jalan baru, Kelurahan Motoboi Besar (Motbes), Kecamatan Kotamobagu Timur, mengeluhkan atas penyakit yang menyerang tanaman mereka akhir-akhir ini.

Seorang petani setempat, Bowo Mamonto (52) saat ditemui zonabmr.com, Selasa (30/6) pagi tadi mengaku resah dengan serangan penyakit tanaman tersebut. Pasalnya, ada sekitar 1.200 batang tanaman tomat miliknya saat ini dalam pertumbuhan terancam gagal panen.

Bowo menguraikan, awalnya penyakit hanya menyerang daun hingga gosong, namun setelah diamati lama-kelamaan penyakit ikut menyerang buah hingga berjatuhan. “Torang juga petani tomat di sini sampe skarang blum tau apa depe nama ni penyakit, Pokoknya pemuncul ni penyakit torang cuma antisipasi deng penyemprotan,” ungkap Bowo.

Dia menambahkan, serangan penyakit ini sangat cepat dan membuat petani kebingungan. Padahal, kata Bowo, saat ini harga tomat di pasaran mulai membaik. Mereka hanya bisa pasrah saat melihat kondisi tanaman mereka yang di serang penyakit, sebab dikala ingin berkonsultasi dengan PPL nampaknya sulit dilakukan karena petugas PPL jarang menyambangi petani.

Di sisi lain, kata Bowo, Biaya budidaya tanaman dikeluarkan petani sudah lumayan besar. Tetapi, di kala tanaman miliknya baru mau panen perdana sudah langsung dihantam penyakit membuat dia sedikit ketar-ketir karena takut mengalami gagal panen.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here