Tapal Batas Boltim-Mitra Masih KJ

0
657
Tapal Batas Boltim-Mitra Masih KJ Boltim
Tapal Batas Boltim Mitra

ZONA BOLTIM – Hingga kini penyelesaian tapal batas wilayah Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dengan daerah tetangganya Minahasa Tenggara (Mitra), masih KJ (kurang jelas.red). Warga pun mempertanyakan bagaimana kejelasan penyelesaiannya.

“Pemda perlu menjelaskan soal perkembangan tapal batas Mitra Boltim ini, agar masyarakat mendapatkan informasi yang jelas, hal itu juga menjaga agar hal ini tidak dijadikan komoditi politik jelang Pemilu kepala daerah tahun depan,” ungkap Rustam, Warga Boltim.

Asisten I, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Amin Musa mengatakan, penyelesaian tapal batas Boltim-Mitra mememang mengalami kebuntuan dalam pembahasannya. “Masalah tapal batas, tinggal Boltim-Mitra belum selesai. Hal yang sudah disepakati waktu lalu, mentah dan mengambang lagi,” ungkapnya.

Lanjut dijelaskannya, Bupati Boltim Sehan Landjar dan Mantan Bupati Mitra Telly Tjanggulung, tahun lalu telah menandatangani kesepakatan terkait tapal batas dihadapan Gubernur Sulawesi Utara. Sayangnya, tapal batal tersebut kembali bermasalah.

Masalah itu lantaran konsultan yang ditugaskan Kementerian Dalam Negeri saat melakukan pemancangan tiang, menunjukan peta berbeda dengan peta yang ditandatangani kedua kepala daerah. “Terjadi perubahan peta yang digunakan konsultan batas wilayah. Kita tidak setujui sehingga dihentikan pemancangan,” beber Amin.

Tim kedua daerah terus melakukan pertemuan dengan difasilitasi pemerintah provinsi namun tak menemui titik temu. Sehingga penyelesaian tapal batas diserahkan ke pemerintah pusat.

Sementara untuk batas antara Boltim dengan Kotamobagu sudah dilakukan pemacangan tiang. Untuk Boltim-Bolsel sudah ada kesepakatan terkait pembagian pulau lampu. Sementara batas dengan Minahasa Selatan, sudah selesai tinggal menunggu Permendagri.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here