Target PAD Dishub Naik 1,4 miliar

Target PAD Dishub Naik 1,4 miliar Kotamobagu
Nasli Paputungan

ZONA KOTAMOBAGU — Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perhubungan ditargetkan sebesar Rp3 miliar di tahun 2019 mendatang. Jumlah tersebut naik sekira Rp1,4 miliar dari tahun ini yang hanya ditargetkan sebesar Rp1,6 miliar.

Kepala Dishub, Nasli Paputungan, mengakui pihaknya akan berupaya mengejar target tersebut. Berbagai potensi yang ada akan dimafaatkan, termasuk dari sektor retribusi perparkiran. “Tahun depan PAD kita naik. Maka semua harus kita maksimalkan. Untuk retribusi perparkiran akan kita naikkan,” katanya.

Ia menjelaskan, menaikan retribusi parkir merupakan sebuah solusi dalam mengejar besaran target PAD. Besaran retribusi yang diterapkan saat ini katanya masih mengacu ke Peraturan Daerah (Perda) tahun 2011. “Nantinya Perda ini akan kita revisi untuk menyesuaikan besaran retribusi parkir,” ujarnya.

Lanjutnya, kenaikan retribusi parkir tidak akan terlalu memberatkan pengendara roda dua maupun roda empat. “Misalnya di rumah sakit. Kita gunakan portal elektronik dan retribusinya menjadi seribu dari sebelumnya lima ratus. Itu tidak terlalu berat, karena di daerah lain saja bahkan ada yang sampai dua ribu atau lebih,” ujarnya.

Ditambahkannya, rencana menaikan tarif retribusi parkir itu terlebih dahulu akan disosialisasikan sebelum diterapkan. “Pasti akan banyak yang komplen, makanya kita akan sosialisasikan dulu sebelum diterapkan,” tambahnya. (ads/trz)

Leave a Response