Tata Cara Pendaftaran Online CPNS 2014

0
788

Tata Cara Pendaftaran Online CPNS 2014 BMR Headline Kotamobagu

ZONA BMR – Dalam pelaksanaan pendaftaran seleksi aparatur sipil negara (ASN), khususnya calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2014, pemerintah telah menetapkan pendaftaran dengan sistem single entry atau sistem yang terintegrasi secara online.

Pada pelaksanaannya, pendaftaran CPNS 2014 dilaksanakan secara online melalui situs yang dibuat khusus untuk prosesi penerimaan CPNS. Alamat situs pendaftaran CPNS 2014 secara nasional adalah http://panselnas.menpan.go.id dan http://sscn.bkn.go.id

Dalam pendaftaran online ini, para pelamar harus mencermati tiap tahapannya, mulai dari informasi umum proses pendaftaran, hingga mempelajari formasi dari instansi yang akan dilamar. Terkait instansi yang dilamar, para peserta harus benar-benar memahaminya, sebab setiap instansi memiliki jadwal, persyaratan dan kualifikasi khusus yang berbeda, belum lagi setiap orang hanya bisa mendaftar pada satu instansi saja.

Bagi pelamar yang mengalami kesulitan dalam mengakses situs resmi KemenpanRB, khususnya menindaklanjuti permintaan pembaca zonabmr.com terkait informasi lebih teknis pendaftaran CPNS 2014; berikut ringkasan tahapan disertai beberapa contoh gambar tata cara pendaftaran yang dihimpun redaksi zonabmr.com

Cara Pendaftaran Online CPNS 2014

Langkah awalnya, pelamar harus mengunjungi alamat situs pendaftaran berikut; http://panselnas.menpan.go.id.

pada Halaman Muka situs tersebut, pelamar harus mencermati informasi pentingnya, diantaranya mengharuskan pelamar memiliki surat elektronik (email) yang masih berlaku, sebab email ini nantinya akan digunakan untuk mendaftar dan menerima konfirmasi dari pihak Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Setelah pelamar mencermati informasi di Halaman Muka tersebut, langkah berikutnya adalah mengklik kanal Alur Pendaftaran. Dalam halaman ini pelamar diharapkan untuk memahami alur pendaftaran sebagaimana dalam gambar diagramnya;

Tata Cara Pendaftaran Online CPNS 2014 BMR Headline Kotamobagu

Di halaman Alur Pendaftaran ini juga, diiformasikan bahwa jadwal pendaftaran setiap instansi berbeda-beda, dengannya dilekatkan tautan menuju kanal Status dan Jadwal, untuk memudahkan pelamar mengetahui kepastian jadwal lengkapnya.

Setelah memahami tahapan ketentuan-ketentuan tersebut, pelamar dapat melanjutkan dengan mengunjungi kanal Formasi CPNS 2014. Di kanal ini, pelamar lanjut mengklik formasi untuk memilih instansi yang diminatinya.

Pada contoh pedaftaran ini, zonabmr.com menggunakan tahapan pendaftaran untuk CPNS Pemkot Kotamobagu, yakni dengan mengklik ke bagian B angka 4; Pulau Sulawesi, seperti gambar di bawah ini;

Tata Cara Pendaftaran Online CPNS 2014 BMR Headline Kotamobagu

Selanjutnya pilihan provinsi (Sulawesi Utara), kemudian dilanjutkan dengan mengklik pilihan daerah (Kota Kotamobagu). setelah masuk ke bagian formasi daerah/instansi yang dipilih, pelamar dapat langsung melihat rincian formasi jabatannya. Di bagian bawah rincian formasi, diuraikan persyaratan dan kualifikasi dari daerah/instansi yang dipilih tersebut, pelamar wajib memahaminya.

Kemudian jika sudah memahami syarat-syaratnya, pelamar bisa melanjutkan dengan mengklik tautan di bagian paling bawah uraian syarat-syarat tersebut, yang bertuliskan Formulir Registrasi (https://regpanselnas.menpan.go.id)

Pada halaman Formulir Registrasi, pelamar wajib memasukan semua kolom registrasinya. Dimulai dari nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap, email, tempat lahir, tanggal lahir, instansi pilihan, password, kemudian tinggal memasukan kode pengamannya dan klik tombol Kirim. Contoh gambar di bawah ini;

Tata Cara Pendaftaran Online CPNS 2014 BMR Headline Kotamobagu

Setelah mengirimkan formulir registrasi, pelamar akan menerima email konfirmasi dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), yang menerangkan langkah lanjutan pendaftaran dan memberikan Username serta Password milik pelamar.

Tata Cara Pendaftaran Online CPNS 2014 BMR Headline Kotamobagu

Langkah selanjutnya, pelamar kunjungi situs http://sscn.bkn.go.id/ kemudian login menggunakan username dan password yang telah diberikan pihak Panselnas melalui email pelamar tadi.

Setelah masuk situs tersebut, pelamar kemudian lanjut mendaftar dengan mengisi kolom formulir yang belum terisi otomatis, diantaranya nama perguruan tinggi (PT), akreditasi PT, IPK pelamar, kualifikasi pendidikan, formasi sesuai pilihan instansi, dan lain-lain.

Usai mendaftar, pelamar bisa mengunggah Kartu Tanda Pendaftar CPNS Tahun 2014, kemudian bisa dicetak untuk kebutuhan pemberkasan fisik;

Tata Cara Pendaftaran Online CPNS 2014 BMR Headline Kotamobagu

Sekadar diketahui, untuk pendaftaran CPNS di BMR, yang baru bisa dilakukan registrasi adalah Pemkab Bolmong Selatan dan Kota Kotamobagu. Sementara untuk Boltim, Bolmong dan Bolmut, hingga Selasa (02/9) pukul 11.00 WITA, belum juga masuk list instansi dalam formulir registasi.

 

***Tata cara mendaftar di atas tidak baku, hanya sebagai petunjuk singkat beberapa tahapan pendaftaran. Untuk itu kunjungi situs resmi KemenpanRB di http://panselnas.menpan.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here