Tekan Jumlah PSK, Dinsosnaker Kotamobagu Giatkan Sosialisasi dan Pelatihan

0
275
Tekan Jumlah PSK, Dinsosnaker Kotamobagu Giatkan Sosialisasi dan Pelatihan Kotamobagu
Kabis Sosial Dinsosnaker Kotamobagu, Roi Paputungan

ZONA KOTAMOBAGU – Praktik prostitusi tak hanya dari kalangan dewasa, belakangan memang mulai menjamurnya Pekerja Seks Komersil (PSK) berstatus pelajar di Kotamobagu. Meski jumlah PSK pelajar belum terdata, namun Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) mencatat ada 47 PSK di Kotamobagu selang 2015 hingga 2016 ini.

Kondisi itu pun menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Kotamobagu. Sebagaimana diagendakan tahun ini akan digiatkan pelatihan ketrampilan kepada PSK yang terdata, agar dapat melakukan pekerjaan lain yang lebih dapat diterima masyarakat.

Sementara untuk kalangan pelajar, Dinsosnaker akan terus menggiatkan sosialisasi dan penyuluhan di tiap sekolah, “Kami terus melakukan sosialisasi serta mengadakan penyuluhan, terutama di setiap sekolah yang ada di Kotamobagu,” kata Kepala Dinsosnaker melalui Kepala Bidang Sosial, Roi Paputungan, saat ditemui zonabmr.com, Rabu (03/2) di ruang kerjanya.

Lanjutnya, menjamurnya PSK di kalangan pelajar merupakan salah satu contoh dari bentuk kenakalan remaja. Hal itu memang tidak bisa dijabarkan secara sederhana karena banyak faktor yang memengaruhi dan menjadikan masalah tersebut sangat kompleks.

“Praktik seks bebas bisa disebabkan karena keroposnya keimanan, kurangnya pengetahuan mengenai seks, gampang terpengaruhi atau terbawa arus pergaulan yang menggiurkan. Ada juga pengaruh trauma masa lalu, faktor ekonomi keluarga dan hal-hal lain yang sifatnya dari hati,” urainya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here