Terbaik Kedua di Sulut, Ombudsman Beri Nilai 70,20 atas Kepatutan dan Pelayanan Publik

0
240
Terbaik Kedua di Sulut, Ombudsman Beri Nilai 70,20 atas Kepatutan dan Pelayanan Publik Kotamobagu
Walikota Tatong Bara saat menerima hasil kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dari Kepala Ombudsman Perwakilan Sulut, kemarin.

ZONA KOTAMOBAGU – Kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat terus meningkat. Ini dibuktikan dengan hasil kepatuhan terhadap standar pelayanan publik yang dilakukan oleh Ombudsman Sulawesi Utara (Sulut). Dari hasil penilaian itu, Kota Kotamobagu berada diperingkat kedua di Sulawesi Utara dengan nilai kepatuhan 70,20 dengan zona kepatuhan kuning.

Dari delapan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dinilai, terdapat tiga diantaranya yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Sosial yang mendapat zona hijau dengan nilai rata-rata 90. Sedangkan lima SKPD lainnya seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disnaker), Dinas Perhubungan serta Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) berada pada zona merah, namun beberapa poin yang menjadi objek penilaian mendapat angka yang cukup memuaskan.

“Kita memberi apresiasi kepada Pemerintah Kota Kotamobagu. Ada peningkatkan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Dinas Sosial misalnya, tahun  sebelumnya mendapat nilai paling rendah dan sekarang naik cukup signifikan dengan rata-rata nilai 90. Begitu juga dengan Dinas Perijinan. Kemudian Dinas Catatan Sipil kita apresiasi karena berhasil dan bertahan pada zona hijau. Ini sangat luar biasa, sebelumnya hanya satu SKPD yang zona hijau, sekarang sudah menjadi tiga SKPD,” kata Kepala Ombudsman Perwakilan Sulut, Helda Tirajoh, dalam sambutannya sebelum menyerahkan hasil penilaian kepada Walikota Tatong Bara di Aula Rumah Dinas Walikota, Rabu (17/1).

Ia berharap, raihan nilai tersebut dapat dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi kedepannya. “Kota Kotamobagu sekarang sudah sangat berubah. Kita sangat mengapresiasinya dan mengahrapkan kedepannya bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” harapnya.

Walikota Tatong Bara, mengapresiasi jajarannya yang sudah berbenah dan terus memperbaiki serta meningkatkan pelayanan ke masyarakat. “Kedepannya harus lebih baik lagi. Manado bisa, Kotambagu juga harus bisa. Dengan raihan nilai ini, mudah-mudahan pelayanan pemerintah ke masyarakat semakin prima,” ujar walikota. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here