Terdakwa Kasus Pembunuhan di Mongkonai Divonis Penjara

0
407
Terdakwa Kasus Pembunuhan di Mongkonai Divonis Penjara Hukum
ilustrasi

ZONA HUKRIM – Dua terdakwa kasus pembunuhan yang terjadi di Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat, yakni Dedi Paputungan (31) dan Abdul Rifai Mokoginta (32), akhirnya dijatuhi vonis penjara dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu, Rabu (17/6).

Baca juga: PN Kotamobagu Kembali Gelar Rekonstuksi Kasus Tewasnya Yofan

Sidang yang diketuai majelis hakim Imanuel Carlo Rommel Danes SH, menyatakan kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana kekerasan yang mengakibatkan kematian, sebagaimana diatur dalam pasal 80 ayat (3) UU No 23/2002 tentang perlindungan anak sebagaimana telah diubah dan ditambakan dengan UU no 35. Tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Atas itu, majelis hakim kemudian menjatuhkan vonis kepada terdakwa Dedi selama 8 tahun sementara untuk terdakwa Rifai divonis 7 tahun pidana penjara. Kedua terdakwa juga dihukum membayar denda sebesar Rp 150 juta, subsider (penganti denda) 3 bulan kurungan.

Vonis hakim tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa, yang sebelumnya menuntut kedua terdakwa 10 tahun pidana penjara (Baca: Terdakwa Pembunuhan di Mongkonai Dituntut 10 Tahun).

Usai pembacaan putusan, dihadapan majelis hakim pihak jaksa mengaku masih akan pikir-pikir atas putusan tersebut. Sementara kedua terdakwa dan kuasa hukumnya Joudi Robbi Porajow SH, mengaku menerima putusan hakim.

“Menerima putusan itu, karena sudah sesuai dengan perbuatan dan perundang-undangannya,” terang Parajow saat diwawancarai zonabmr.com usai persidangan.

Reporter: Zulkifli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here