Terdakwa Pembunuhan Bebas, Eldy: Hakim Terima Eksepsi Kami

Terdakwa Pembunuhan Bebas, Eldy: Hakim Terima Eksepsi Kami Hukum   ZONA KOTAMOBAGU – Hari Momintan, terdakwa kasus pembunuhan divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu. Sidang pembacaan vonis digelar Rabu (9/5). Terdakwa diputus bebas setelah eksepsi yang diajukan penasehat hukumnya, Eldy Noerdin, diterima majelis hakim.

“Mengabulkan eksepsi terdakwa,” kata Ketua Majelis Hakim, Dewantoro, dalam pembacaan putusannya.

Memperhatikan pasal 143 ayat 3, pasal 156 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP serta peraturan perundang-undangan yang lainnya, maka majelis hakim menyatakan menerima nota keberatan (eksepsi) dari penasehat hukum terdakwa, serta menyatakan surat dakwaan jaksa penuntut umum batal demi hukum karena disusun secara tidak cermat, tidak jelas dan tidak lengkap.

Selain itu, majelis hakim juga menyatakan pemeriksaan perkara pidana nomor 87/Pid.b/2018/PN.ktg atas nama terdakwa Hari Momintan, tidak dapat dilanjutkan. “Memerintahkan terdakwa segera dibebaskan dari tahanan. Membebankan biaya perkara kepada Negara,” jelasnya.

Sementara itu, Penasehat Hukum Terdakwa, Eldy Noerdin, mengungkapkan ada dua hal yang membuat terdakwa dibebaskan. Pertama, jaksa melakukan perubahan gugatan telah lewat tenggat waktu karena dilakukan di hari persidangan pembacaan dakwaan. Kedua, dalam dakwaan awal sebelum diubah, disusun secara tidak lengkap.

“Dalam uraian dakwaan pertama subsider dan dakwaan aternatif kedua tidak mengurai peristiwa apa yang dilakukan terdakwa,” ungkapnya.

Diketahui, Hari Momintan, didakwa dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP serta pasal 353 ayat 1 KUHP. Warga Desa Bongkudai, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, itu sebelumnya menjadi terdakwa terkait kasus pembunuhan terhadap seorang guru, Hendrik Paputungan, yang terjadi di Desa Kobo Kecil pada Oktober 2016 lalu. (gito)

Leave a Response