Tersangka Meninggal, Kasus Penikaman Polisi Bolmut Akan Dihentikan

0
518
Tersangka Meninggal, Kasus Penikaman Polisi Bolmut Akan Dihentikan Headline Hukum
Suasana konferensi pers di Mapolres Bolmong (Foto: Wiradi Gilalom)

ZONA HUKRIM – Kasat Reskrim Polres Bolmong AKP Iver Manossoh mengatakan, pihaknya akan menghentikan penyidikan terhadap Rival Djiko (24) salah satu tersangka pembunuhan anggota Polsek Kaidipang Aiptu Joko Suswanto.

“Penghentian penyidikan tersebut dilakukan karena Rival sudah meninggal dunia,” kata Manossoh dalam konferensi pers, Selasa (13/1). (Baca: Tersangka Penikam Polisi Bolmut Meninggal Dalam Penahanan)

Lanjut Manossoh, penyidikan kasus untuk tersangka lainnya yakni ZD (14) terus dilanjutkan. Tetapi, untuk tersangka ZD, Polres Bolmong mengupayakan menyelesaikan kasus itu dengan cara deversi.

Manossoh menjelaskan, diversi adalah penyelesaian kasus tindak pidana yang melibatkan anak-anak dengan jalan musyawarah, mendamaikan atau dikenal dengan mediasi antara pihak korban dengan pelaku.

“Diversi merupakan amanat dari Undang-undang nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan anak. ZD adalah tersagka yang masih di bawah umur,” kata Manossoh.

Untuk penyelesaian kasus diluar peradilan anak, kata Manossoh, bisa dilakukan asalkan si tersangka berumur 14 tahun sampai belum 18 tahun dan ancamannya di bawah 7 tahun.

“ZD tersangka memenuhi aspek untuk ditahan karena korban meninggal. Namun selama penyelidikan, ia bisa tidak ditahan tetapi harus ada penjaminnya yakni orang tua,” ujarnya.

Manossoh lanjut mengatakan, tersangka RD saat ini masih berada di Rumah Sakit Bhayangkar Manado, guna menjalani pemulihan kesehatan fisik dan psikologi.

“Saat ini RD juga didampingi Balai Perlindungan (Bapas). Jika sudah sembuh, pekan ini kami akan menjemput RD di Manado,” jelasnya sembari menambahkan, bahwa selanjutnya upaya diversi akan dilakukan dengan mempertemukan keluarga korban Aiptu Joko Siswanto dengan tersangka RD dan Pihak Bapas.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here