Tes CPNS 2014 Seratus Persen Gunakan CAT

0
391
Tes CPNS 2014 Seratus Persen Gunakan CAT Kotamobagu
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar

ZONA BMR – Rekrutmen CPNS maupun penempatan pegawai dalam jabatan merupakan dua hal yang menjadi pemicu reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik oleh aparatur negara. Begitu dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, di FISIP UNDIP Semarang, Senin (26/05)

Azwar mengungkapkan, reformasi birokrasi itu dalam kerangka tujuan mewujudkan aparatur yang bersih, kompeten, dan melayani. Dengannya Kementerian PANRB telah mengeluarkan kebijakan penerimaan CPNS yang transparan, akuntabel, jujur, dan tanpa biaya. Dan hal tersebut kata Azwar, telah berjalan dua tahun yakni 2012 dan 2013.

Tahun 2014 ini, lanjutnya, Kementerian PANRB akan melakukan hal yang sama. Apabila keberhasilan model penerimaan CPNS ini berlangsung tiga tahun secara berturut-turut, akan menjadi memori nasional, dan kebijakan ini diharapkan akan berlanjut pada pemerintahan yang akan datang.

“Kalau sebelumnya, tes CPNS sebagian besar masih menggunakan Lembar Jawaban Komputer, tahun ini seratus persen akan menggunakan Computer Assisted Test atau CAT. Dengan cara demikian peserta dapat melihat langsung hasilnya setelah tes dilakukan.” tutur Azwar seperti dinukil dari laman Kementrian PAN-RB.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan cara yang bersih dalam penerimaan CPNS, pemerintah akan mendapatkan kader-kader terbaik PNS.

Anzwar juga mengungkapkan, reformasi birokrasi bukan merupakan perubahan yang ekstrim, juga bukan merupakan yang perlahan-lahan. Reformasi birokrasi merupakan perubahan yang dinamis dan terukur dari resiko keberhasilan dan kegagalan untuk suatu perubahan yang dicita-citakan.

“Gerakan reformasi birokrasi harus didukung oleh semua lapisan, agar pelayanan publik bisa bergerak cepat, mudah, pasti, murah dan dapat dipertanggungjawabkan,” imbuh Azwar.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here