Tidak Terdaftar, Pemilih Bisa Nyoblos di TPS

0
247

Tidak Terdaftar, Pemilih Bisa Nyoblos di TPS Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Warga Kota Kotamobagu yang namanya tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan 1 (DPTb-1), bisa tetap melakukan pencoblosan di TPS, Rabu (09/12) besok.

Hal tersebut sebagaimana Surat Edaran (SE) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu Nomor 38/KPU-KK/PILGUB/XII/2015, tertanggal 7 Desember 2015. SE tersebut merupakan tindak lanjut Surat EdaranĀ  Komite Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 1003/KPU/XII/2015 tentang Pelaksanaan DPTb-2 tertanggal 6 Desember 2015.

Dalam SE KPU Kotamobagu ditegaskan bagi warga wajib pilih yang tidak terdaftar di DPT dan DPTb-1, bisa dilayani hak pilihnya dengan menunjukkan KTP, Kartu Keluarga, Paspor dan identitas lainnya.

Sementara poin kedua menyebutkan, berdasarkan UU Kependudukan Nomor 23/2006 yang diubah ke UU Nomor 24/2013, identitas lain yang bisa digunakan di antaranya biodata kependudukan, Kartu Keluarga, KTP, Surat keterangan kependudukan (bukan surat keterangan domisili) dan Akta Catatan Sipil.

Dalam poin ketiga dijelaskan, bagi warga wajib pilih yang belum/tidak memiliki identitas namun yang bersangkutan sudah lama menetap di daerahnya, bisa menggunakan hak pilihnya menggunakan Surat Keterangan Kependudukan. Itu disertai biodata lengkap dan ditandatangani Lurah atau Kepala Desa, dengan ketentuan memuat biodata penduduk (Nama, tempat tanggal lahir, status kawin, jenis kelamin, alamat, RT, RT dan jenis disabilitas). Serta tidak diterbitkan secara kolektif untuk lebih dari 1 warga/pemilih.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here