Tiga Kelompok Tani Dapat Mesin Pengolahan Nenas

Tiga Kelompok Tani Dapat Mesin Pengolahan Nenas Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Tiga kelompok tani nenas di Kota Kotamobagu segera mendapat bantuan dari Bank Indonesia. Bantuan tersebut berupa delapan unit mesin pengolahan nenas pasca panen.

Menurut Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian, Ramjan Mokoginta, bantuan itu merupakan tindaklanjut dari kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) dan BI terkait peningkatan komoditi nenas Kotamobagu. “Insya allah bantuan itu akan diberikan bulan Oktober ini,” katanya.

Dijelaskannya, tiga kelompok yang akan menerima bantuan itu adalah; Kelompok Tani Nenas Nomontang, Amaliotung dan Maju Bersama. Ketiga kelompok tani itu berada di Kelurahan Mongkonai dan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat.

“Mesin yang akan diberikan ini memiliki kualifikasi yang bermutu. Sesuai targetnya, yaitu untuk pengembangan mutu dan kualitas nenas ekspor. Jadi nenas-nenas yang akan dipanen akan diolah lewat mesin itu sampai pada produk turunannya seperti selai, keripik, jus dan sebagainya hingga pada proses pengemasan,” jelasnya.

Tiga kelompok tani yang akan menerima bantuan itu terlebih dahulu telah mengikuti sosialisasi serta pelatihan cara pembudidayaan nenas yang baik dan benar. Sosialisasi dan pelatihan itu dilaksanakan BI pada Agustus lalu.

“Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi petani nenas di sini. Kedepannya, pengelolaan nenas pasca panen sudah menggunakan teknologi hiingga pada pengolahan produk turunannya,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Muljadi Suratinoyo. (ads/trz)

Leave a Response