Tim DPOD Tinjau Calon Ibukota Provinsi BMR

0
555
Tim DPOD Tinjau Calon Ibukota Provinsi BMR Boltim
Suasana penyambutan Tim DPOD di Rujab Wali Kota Kotamobagu

DALAM rangka pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya (PBMR) tim observasi Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) yakni Herman Wira SW M.Si selaku Kasubdit Penataan Daerah Wilayah II Ditjen Otda Kemendagri dan Desky Wijaya, SE. AK selaku Kasubdit Pembiayaan Penataaan Daerah Kemekeu RI, Kamis (06/3) hadir di Kota Kotamobagu (KK), guna meninjau langsung kesiapan wilayah dan infrastruktur Ibukota Provinsi BMR.

Kedatangan dua perwakilan tim Observasi Otda di Rumah Jabatan Wali Kota Kotamobagu, disambut seluruh elemen masyarakat dan pemimpin daerah di BMR tak terkecuali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang dihadiri Wakil Bupati Boltim Meydi Lensun, Ketua DPRD Boltim Sumardia Modeong, dan sejumlah kepala SKPD dan tokoh masyarakat Boltim.

Tim DPOD Tinjau Calon Ibukota Provinsi BMR Boltim
Tim DPOD Herman Wijaya Saat memberikan sambutannya

Dalam kesempatan hadirnya tim observasi Otda itu, dipresentasikan kriteria kelulusan Daerah Otonomi Baru (DOB) PBMR oleh ketua presidium Abdullah Mokoginta dan Kepala Biro Pemerintahan Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut Noldy Tendean. dalam uraian mereka, PBMR masuk kriteria mampu, khususnya pada kriteria kependudukan, kemampuan ekonomi, potensi daerah dan kemampuan keuangan. Termasuk kedudukan Kota Kotamobagu sebagai Ibukota Provinsi.

Herman Wijaya dalam sambutannya menyampaikan mengungkapkan bahwa ini kali kedua dirinya datang ke Kota Kotamobagu. “Kalau dulu datang untuk mengurus pemekaran beberapa kabupaten di BMR, saat ini untuk Provinsi BMR,” ungkapnya yang disambut meriah undangan di Rujab Walikota Kotamobagu.

Tim DPOD Tinjau Calon Ibukota Provinsi BMR Boltim
Foto bersama Tim DPOD beserta seluruh pimpinan daerah se BMR

Tim Otda pada kesempatan itu juga turun langsung ke sejumlah infrastruktur di Kota Kotamobagu, diantaranya RSU Pobundayan, Dinas Kesehatan KK, gedung Bobakidan, Rumah Dinas Bupati di bukit Ilongkow, dan bekas kantor bupati Bolmong yang dipersiapkan sebagai kantor Gubernur PBMR.

Tim DPOD Tinjau Calon Ibukota Provinsi BMR Boltim
Tim DPOD saat meninjau RSU Kotamobagu di Pobundayan

Pemkab Boltim melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas Uyun Pangalima S.pd mengatakan tim DPOD sangat responsif pada kelayakan Kota Kotamobagu sebagai Calon Ibukota PBMR, Tim DPOD setelah melakukan peninjauan tersebut akan melaksanakan sidang untuk merumuskan rekomndasi DPOD. “Selanjutnya rekomendasi akanĀ  ditandatangani oleh Mendagri untuk dilanjutkan ke presiden, (eksekutif) dan diserahkan kepada DPRRI untuk dibahas danĀ  ditetapkan dengan UU sebagai DOB.” jelasnya.

Lebih lanjut Pangalima mengatakan Bupati Boltim Sehan Landjar akan segera menandatangani kesepakatan Ibukota Provinsi BMR “Berita acara kesepakatan Ibukota Provinsi BMR segera ditandatangani Bupati,” ujar Pangalima seraya mengharapkan seluruh masyarakat khususnya warga Boltim agar dapat mendukung dengan mental dan doa, semoga apa yang diniatkan bersama ini dapat segera terwujud.(gito/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here