Tim Gabungan Tertibkan Kawasan Terminal dan Pasar Serasi

0
242
Tim Gabungan Tertibkan Kawasan Terminal dan Pasar Serasi Headline
Petugas gabungan saat menertibkan kawasan pasar dan terminal serasi.

ZONA KOTAMOBAGU – Tim gabungan yang terdiri dari Satuan Lalu Lintas Polres Bolmong, Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) menertibkan arus lalu lintas di kawasan Pasar dan Terminal Serasi, Kelurahan Gogagoman, Rabu (16/5). Pasalnya, di jalur tersebut sering macet lantaran para pedagang sudah keluar dari area pasar dan memilih menempati bahu jalan sebagai tempat berjualan.

Dari pantauan, proses penertiban berlangsung aman dan lancar. Tanpa perlawanan, pedagang buah, ayam, rempah dan lainnya dengan sendirinya mengangkat barang dagangan maupun meja dan kursi kemudian dipindahkan ke dalam area pasar.

“Kami mendukung semua program dari Pemerintah Kota (Pemkot), termasuk soal penertiban jalan agar tidak menimbulkan kemacetan,” kata Kasat Lantas, Magdalena Anita Sitinjak.

Ia mengungkapkan, para pedagang yang sudah memakai badan jalan sebagai tempat berjualan perlu ditertibkan. Sebab peruntukkan jalan katanya bukan untuk tempat berjualan. “Kita tertibkan agar tidak ada lagi kemacetan di situ,” ungkapnya.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Dinas Satpol PP, Bambang Dachlan, mengungkapkan penertiban itu merupakan bagian dari penegakan Peraturan Daerah (Perda) tentang Trantibum serta menindaklanjuti keluhan masyarakat soal kemacetan di area tersebut.

“Apalagi ini sudah memasuki bulan ramadhan. Intensitas kendaraan pasti meningkat. Masyarakat banyak yang mengeluh kalau di situ selalu macet karena pedagang sudah berjualan di jalan,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat penertiban itu pihaknya masih memberi toleransi kepada para pedagang dan hanya meminta untuk berpindah tempat atau tidak lagi berjualan di tempat yang dilarang. “Kalau ini tidak diindahkan dan masih berjualan lagi di sini (jalan), akan ada tindakan yng lebih tegas lagi seperti menyita barang dagangannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM), Herman Aray, menuturkan pihaknya sudah menyiapkan tempat berjualan bagi para pedagang di pasar serasi, pasar 23 maret dan beberapa pasar lainnya. “Di pasar sudah ada lapak, tenda dan fasilitas penunjang lainnya. Silahkan menempatinya, tidak boleh berjualan di trotoar atau badan jalan,” tuturnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here