Tim RBP Mabes Polri dan Menpan RI Sambangi Polres Bolmong

0
197
Tim RBP Mabes Polri dan Menpan RI Sambangi Polres Bolmong Hukum
Suasana kegiatan Pengukuran Kinerja dan Pelayanan Publik dengan mengunakan ITK

ZONA HUKRIM – Tim Reformasi Birokrasi Polri (RBP) Mabes Polri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) RI melaksanakan kegiatan Pengukuran Kinerja dan Pelayanan Publik dengan mengunakan Indeks Tata Kelola (ITK), Senin (03/04). Kegiatan itu dilaksanakan di Kantor Bhayangkara Kepolisian Resor Bolaang Mongondow (Polres Bolmong).

Dalam sambutannya, Kapolres Bolmong AKBP Faisol Wahyudi SIK mengatakan, wilayah hukum Polres Bolmong memiliki empat kabupaten dan satu kota dengan jumlah personel keseluruhan 900 anggota yang di bagi di 21 Polsek. Dengan dilihat dari kondisi yang ada Polres Bolmong masih sangat minim personel serta fasilitas lain yang berkaitan dengan kinerja polisi.

Menurut Faisol, dengan dilaksanakanya kegiatan itu semoga dapat memberi motivasi bagi institusi terkait dengan pelayanan. “Demi ingin memperbaiki kinerja Polri yang lebih baik, marilah kita menjadi bagian dari pemberi solusi di masyarakat demi kebaikan organisasi. Insyaallah dengan dilaksanakanya kegiatan ini kinerja anggota Polri akan lebih baik lagi,” paparnya.

Ketua tim ITK Mabes Polri AKBP M Asori dalam sambutanya mengatakan, pemilihan kegiatan tipe tersebut sangat kontekstual dengan program nasional Presiden RI Joko Widodo, yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Di dalamnya membangun wilayah perbatasan dan menciptakan keamanan untuk mendukung iklim investasi yang juga menjadi komitmen nyata Kapolri dalam menciptakan anggota Polri yang Promoter (profesional, moderen dan terpercaya).

“Pengukuran ITK menjadi bagian dalam memastikan kualitas keamanan dan pelayanan publik di daerah. Sebab, salah satu faktor utama terlaksananya pembangunan adalah keamanan yang dapat menciptakan iklim investasi,” ujar Asrori.

Selain itu, Peneliti Menpan RI, Arif Nurdiansah juga menambahkan, ITK dibangun atas dasar kebutuhan Polri untuk melihat pelaksanaan program RBP di daerah. Dalam perkembangan seiring kuatnya komitmen lembaga dalam melaksanakan pengukuran ini, ITK menjadi alat ukur yang komprehensif melihat dari awal proses perencanaan, pelaksanaan dan monitoring serta evaluasi kinerja Polri di wilayah.

“ITK merupakan program yang digagas Pak Tito Karnavian sewaktu beliau menjabat sebagai Asisten Perencanaan (Asrena) Kapolri tahun 2014. Saat diangkat sebagai Kapolri, ITK dijadikan sebagai bagian dari program prioritas,” jelasnya.(gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here