Tingkatkan Koordinasi, Pemkab Gelar Rapat Forkopimda

0
177

Tingkatkan Koordinasi, Pemkab Gelar Rapat Forkopimda Bolmong

ZONA BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melaui Badan Kesatuan Bangsa dan Linmas, membahas soal stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Bolmong. Pembahasan itu digelar dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), bertempat di ruang rapat asisten III, Kamis (1/9/2016).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung, Dandim 1303 Letkol Inf Sampang Sitohang, Kapolres Bomong AKBP William Simanjuntak, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Ketua DPRD Bolmong, serta segenap jajaran pimpinan SKPD lingkup Pemkab Bolmong.

Watung dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemkab Bolmong menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan rapat koordinasi. Menurutnya, rapat koordinasi ini sangat penting karena akan dibahas beberapa permasalahan yang telah dan sedang terjadi di wilayah Bolmong.

“Pentingnya koordinasi agar persoalan yang terjadi dan akan terjadi sudah bisa kita antisipasi,” kata Watung, Kamis (01/09).

Ada beberapa persoalan kata Nixon, yakni tentang penggunaan narkoba di kalangan remaja. Khusus anak usia sekolah saat ini marak mengkonsumsi narkoba jenis komix dan ehabon. Antisipasi penyebaran paham ISIS dan radikalisme di Bolmong sangat diwaspadai.

Selain itu keberadaan investor yang telah menanamkan investasinya di Bolmong, mengoptimalkan peran Forkopimda dan tim terpadu penanganan konflik sosial. Itu guna mengambil langkah-langkah strategis penanganan terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat; meningkatkan peran serta seluruh elemen masyarakat melalui tokoh masyarakat, tokoh agama, adat, pemuda, wanita, ormas dan LSM.

“Serta mengoptimalkan forum strategis kemitraan masyarakat di daerah, yaitu forum kerukunan umat beragama, forum kewaspadaan dini masyarakat dan forum pembauran kebangsaan dalam mengantisipasi potensi konflik dalam masyarakat,” tutur Watung.

Dirinya meminta kepekaan sosial melalui upaya giat deteksi dini, antisipasi dini dan cegah dini serta melaksanakan koordinasi yang intensif, antara pemerintah daerah dengan aparat keamanan serta unsur terkait guna mencegah terjadinya konflik di daerah.

“Melaksanakan patroli terpadu bersama aparat keamanan di daerah rawan konflik, mengantisipasi kamtibmas menjelang pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Bolmong tahun 2017 agar terlaksana secara demokratis, bermartabat, jujur dan adil.”

“Mari kita tingkatkan peran koordinasi lintas sektor sehubungan dengan berbagai program pembangunan di Bolmong. Dimana beberapa permasalahan tersebut tentu akan kita bahas dan tindaklanjuti bersama,” ujar Watung sembari berharap, semua pihak untuk dapat memberikan saran dan masukan, serta bekerja sama sehingga berbagai permasalahan tersebut dapat diatasi bersama.(irgi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here