Tinjau Kesiapan TPS, Nasrun Gilalom Minta Penyelenggara Proaktif Kurangi Golput

0
206
Tinjau Kesiapan TPS, Nasrun Gilalom Minta Penyelenggara Proaktif Kurangi Golput Kotamobagu
Nasrun Gilalom

ZONA KOTAMOBAGU – Penyelenggara dan aparatur desa/kelurahan diminta proaktif sukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut besok, dengan meminimalisir angka Golput. Begitu dikatakan Asisten I Pemerintah Kota Kotamobagu, Nasrun Gilalom, saat meninjau kesiapan PPS Desa Tabang di Balai Desa setempat, Selasa (08/12) malam.

Diwawancarai zonabmr.com, Nasrun mengatakan, banyaknya masyarakat yang jauh-jauh hari menyatakan akan Golput, harus disikapi sebagai tantangan. Ambil langkah-langkah pendekatan secara persuasif untuk meyakinkan mereka datang ke TPS. “Sangadi dan aparatur desa juga harus memfasilitasi,” ujarnya.

Lanjutnya, PPS dan aparatur desa harus memanfaatkan sisa waktu sebelum batas waktu pencoblosan pukul 13.00 WITA, “Biasanya mulai pukul 11.00 WITA, TPS mulai sepi. Pergunakan waktu tersebut untuk membujuk masyarakat yang belum memilih agar mau datang ke TPS,” kata Nasrun.

Ia mengimbau, masyarakat harus menggunakan hak pilih dan jangan berpikir pendek. Karena rendahnya angka partisipasi pemilih berpengaruh terhadap penilaian kepada kelurahan-desa itu sendiri, “Harus berpikir ke depan, jangan sampai penilaian Kemendagri akan demokrasi masyarakat BMR negatif, karena kita sedang berusaha memekarkan diri menjadi provinsi,” ungkapnya.

Terlebih, tambah Nasrun, Gubernur telah berjanji akan memberikan Dana Bantuan khusus kepada desa/kelurahan yang angka partisipasi masyarakatnya untuk memilih tinggi.

“Orang yang suka berdemokrasi pasti akan memberikan suara. Jadikan Pilgub ini ajang pembelajaran mengukur kemampuan kita berdemokrasi. Mari kita berbondong-bondong ke TPS untuk mencoblos,” ajak Nasrun.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here