Total Kerugian Akibat Banjir Bolmong Ditaksir Satu Miliar

0
557

Total Kerugian Akibat Banjir Bolmong Ditaksir Satu Miliar Bolmong Headline

Tampak sejumlah rumah di Desa Mengkang Kecamatan Lolayan
yang terkena banjir

ZONA BOLMONG – Kerugian akibat bencana banjir yang melanda delapan desa dan kelurahan di Kabupaten Bolmong, ditaksir hingga mencapai angka Rp1 miliar. Hal ini dikatakan Kepala Seksi (Kasi)  Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, Sukoyo Ani, saat diwawancara, Rabu (13/08) siang tadi.

Menurut Sukoyo, total rumah yang terendam banjir di Bolmong sebanyak 575 rumah. Lokasi yang terparah diterjang banjir tepatnya di Desa Mengkang, Kecamatan Lolayan. “Ada tiga rumah yang rusak berat akibat terjangan banjir banding di Desa Mengkang. Meski begitu tidak ada korban jiwa, dan sekitar 20 kepala keluarga (KK) mengungsi di tempat yang aman seperti sekolah dan balai desa,” kata Sukoyo.

Lanjut diuraikannya, lahan persawahan di desa dan kelurahan yang rusak sekitar 2,5 hektar. Sementara untuk jumlah hewan ternak yang mati akibat banjir tersebut, pihaknya belum bisa menguraikan karena masih dalam pendataan, ”Saat ini, kami sedang menyalurkan bantuan yang dibutuhkan warga korban banjir diantaranya makanan, selimut, dan obat-obatan,” terang Sukoyo.

Terpisah, Camat Dumoga Timur, Yohanes Lomban, mengatakan, saat ini air yang masuk ke pemukiman warga mulai surut. Kondisi itu dimanfaatkan warga untuk membersihkan kotoran yang dibawa arus air hingga ke dalam rumah. Bahkan, barang-barang warga yang sempat diamanakan ke rumah kerabat telah dipindahkan kembali ke rumah masing-masing.

“Di kecamatan ini, warga yang mengungsi ke rumah saudaranya sudah kembali ke kediaman masing-masing,” kata Yohanes Lomban.

Bupati Salihi Mokodongan mengatakan dirinya telah menginstruksikan berbagai instansi terkait seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), untuk turun ke wilayah yang terkena banjir.

“Untuk tanggap darurat beberapa instansi sudah diturunkan. Bantuan sudah ada, tinggal didistribusikan kepada warga korban banjir,” kata bupati.

Menurut bupati, pemerintah kabupaten turut prihatin terhadap banjir yang terjadi. Ke depan, pemerintah akan berupaya untuk membangun beberapa penangkal banjir disungai-sungai. “Kami akan mengupayakan pembangunan talud, untuk mengantisipasi banjir,” kata bupati.

Sebelumnya, peristiwa banjir ini terjadi Selasa (12/8) dini hari. Banjir menerjang delapan desa di Bolmong masing-masing Kelurahan Imandi, Desa Tonom, Mogoyunggung Kecamatan Dumoga Timur, Desa Ibolian, Ibolian Satu dan Werdhi Agung Kecamatan Dumoga Tengah serta Desa Mengkang dan Tanoyan Utara Kecamatan Lolayan.

Data Kerugian Sementara Akibat Banjir
– 3 Rumah Rusak Berat
– 575 rumah tergenang banjir
– 2,5 hektare sawan terendam air
– 20 KK di Desa Mengkang mengungsi
– Total kerugian ditaksir Rp 1 miliar

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here