Trackpad Hilang, Gunakan Celana Ini

0
625
Trackpad Hilang, Gunakan Celana Ini Teknologi
Celana yang bisa digunakan sebagai pengganti Trackpad.

ZONA TEKNOLOGI – Google belum berhenti berinovasi untuk membuat piranti baru. Divisi Advanced tecknologies and Product (ATAP) yang dimiliki Google diketahui sedang mengembangkan celana yang nanti dapat sekaligus dipakai untuk pengganti fungsi trackpad. Fitur ini disematkan pada bahan kain yang dipakai untuh bahan baku celana.

Google menyebut temuan ini dengan Project Jacquard. Teknologi trackpad pada kain ini beberapa waktu lalu ditunjukkan melalui demo dalam event Google I/O. Dari demo ini terungkap kemampuan luar biasa dari kain yang penggunaannya cukup dengan menyentuhkan jari di asatasnya.

Dikutip dari laman Okezone, dengan fitur trackpad ini nantinya pengguna dapat melakukan kendali pemutar media, menyalakan lampu, hingga interaksi yang berbasis visual. Komunikasi antara kain trackpad dengan piranti gadget dilakukan melalui gelombang WiFi berdaya rendah. Pada waktu demo dilakukan, percobaan dilakukan dengan permukaan datar.

Masih ada keterbatasan yang terlihat dari percobaan tersebut. Misalnya, masih dibutuhkan elektronik tambahan untuk mengomunikasikan kain ke piranti. Tim riset Google masih akan mengupayakan agar komponen elektronik tersebut dapat dikecilkan untuk integrasi dengan alat tenun.

Saat teknologi ini makin sempurna dan bisa dibuat secara massal, bukan tidak mungkin pengontrolan smartphona dan gadget lainnya makin mudah. Gadget bisa dikontrol dari jaket atau celana.(sdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here