Trik Pintar Jaga Kesehatan

0
307
Trik Pintar Jaga Kesehatan Kesehatan
ilustrasi

Kesehatan itu penting. Semua tahu. Kesehatan harus dijaga. Semua paham. Tapi untuk benar-benar melakukannya, banyak yang tak ingat. Padahal kesehatan bisa dijaga dengan cara sederhana dan gampang: makan teratur dan bergizi. Berikut adalah langkah-langkah cerdas yang harus ditiru agar tetap taat pada aturan makan yang sehat dan bermanfaat buat tubuh.

Makan Dengan Porsi Yang Benar

Jangan tunggu perut lapar bukan main baru makan. Makanlah tepat waktu: sarapan, makan siang, dan malam. Dan di setiap jam makan, jumlah makanan yang masuk tidak berlebihan. Tidak perlu terlalu kenyang sampai tidak bisa berdiri dari kursi.

Minum Air Putih

Haus tidak haus, minumlah air putih. Panas tidak panas, minumlah air putih. Tidak bisa ditawar lagi, air putih harus jadi bagian yang harus masuk tubuh setiap hari. Delapan gelas itu resminya. Kalau bisa lebih, makin baik.

Makan Sayur Dan Buah

Setiap hari, mau hujan mau panas, makan buah dan sayur sudahlah tentu. Sebuah apel dan sepiring kecil sayur setiap hari sudah cukup. Sebuah pisang sangat baik untuk sarapan. Kandungan Kalium dalam pisang membuat Anda tidak mudah lemas. Sayur rebus lebih baik ketimbang tumis. Hindari santan kalau ingin tak kelebihan lemak.

Nasi Itu Oke

Karbohidrat diperlukan tubuh untuk menambah tenaga. Jadi, jangan hindari nasi. Tinggal porsinya yang diatur. Perbanyak sayur ketimbang nasi. Lalu, kalau mau menambahkan unsure serat, coba beras merah.

Snack Ternyata Diperlukan

Menahan diri untuk tidak makan dalam waktu yang lama, akan membuat perut sangat lapar. Kalau Anda makan pada saat lapar seperti itu, maka jumlah makanan yang masuk biasanya jadi super banyak. Sebaliknya, kalau Anda mengisi perut setiap dua jam dengan snack atau cemilan sehat seperti biskuit, pisang atau buah lainnya (bukan durian dan nangka), perut akan terus kenyang, padahal jumlah makanan yang masuk tidak banyak. (*)

(Berbagai Sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here