Tutup Seluruh Badan Jalan, Hajatan di Poybes I Disorot

0
486

Tutup Seluruh Badan Jalan, Hajatan di Poybes I Disorot Hukum

ZONA HUKRIM – Penggunaan seluruh ruas jalan dalam rangka pelaksanaan pesta pernikahan di Desa Poyowa Besar (Poybes) I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, menuai sorotan sejumlah pihak. Fahri Mamonto (25), salah satu warga desa tetanga mengatakan, penggunaan seluruh badan jalan untuk mengadakan suatu hajatan sudah dilarang pemerintah juga pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bolmong.

“Kenapa di Desa Poyowa Besar I bisa menutup seluruh badan jalan yang ada. Ini harus kita pertanyakan. Kenapa yang lain bisa, yang lain tidak bisa,” tanya Fahri.

Senada dikatakan Helmi Simbala (36) salah satu pengendara bentor yang terpaksa balik arah saat melintas di jalan tersebut. Kata dia, penutupan jalan di Desa Poyowa Besar I sudah memasuki hari ke tiga, sementara acara pesta tersebut baru akan dilaksanakan pada Minggu (11/12) malam nanti.

“Setahu saya surat izin pengunaan jalan yang dikeluarkan oleh pihak Lalu lintas (Satlantas), itu hanya berlaku satu hari sebelum, dan satu hari sesudah,” ungkap Helmi.

Menangapi hal tersebut, Kasat Lantas Polres Bolmong AKP Rommel Pontoh mengatakan, pihaknya telah memberikan sanksi moral kepada yang bersangkutan, Apalagi pemilik hajatan tersebut merupakan salah satu tokoh panutan agama dan juga mantan pejabat di Provinsi Sulut.

“Polemik ini pasti akan kita selesaikan, Kami akan mengundang seluruh pemerintah desa maupun kelurahan yang ada untuk membuat kesepakan bersama terkait peristiwa yang terjadi saat ini. Apakah bisa mengunakan seluruh badan jalan atau tidak, nanti kita buat lagi kesepakan bersama setelah selesai pelaksanaan acara di Desa Poyowa,” kata Romel

Disinggung soal izin pengunaan jalan yang dikeluarkan pihaknya, Romel mengatakan akan melakukan pengecekan kembali, “Pastinya tidak ada izin yang kami keluarkan menutup seluruh badan jalan yang ada,” ungkapnya.

Diketahui, penutupan seluruh badan jalan yang ada di Desa Poyowa Besar I itu, terinforasi merupakan hajatan keluarga mantan Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Utara, Hi. Halil Domu.(gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here