Umat Hindu Bolmong, Penuh Khidmat Rayakan Galungan

0
485

Umat Hindu Bolmong, Penuh Khidmat Rayakan Galungan Bolmong

ZONA BOLMONG – Umat Hindu yang tersebar di sejumlah desa di Bolaang Mongondow (Bolmong), penuh khidmat merayakan Hari Raya Galungan, Selasa (17/12) tadi. Seperti yang dilakukan umat Hindu di Desa Mopuya Kecamatan Dumoga Utara. Sejak pagi, mereka berbondong menuju Pura Puseh di desa itu guna melakukan ritual sembahyang, meminta keselamatan dalam menjalani hidup.

Upacara perayaan Galungan dimaknai dengan kemenangan dharma atau kebaikan melawan adharma atau kejahatan. Umat Hindu melakukan sembahyang di pura itu dengan menggunakan sarana canang atau aneka bunga di tempat yang terbuat dari janur yang dilengkapi dengan dupa wangi.

Sebagian membawa sesaji dari buah sebagai kelengkapan rasa syukur terhadap Ida Sang hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa. “Hari Raya Galungan bagi umat Hindu merupakan hari raya besar di mana Hari Raya Kaunang adalah satu kemenangan antara kebenaran melawan ketidakbenaran,” kata Ketua Parisade Bolmong I Wayan Gede.

Persembahyangan bersama dilakukan tiga kali yaitu pada pagi, siang dan sore hingga malam hari. Atau bisa dilakukan secara sendiri-sendiri di luar jam yang telah ditentukan.

Camat Dumoga Utara I Ketut Kolak, mengatakan perayaan Galungan bertepatan di bulan Desember menjelang perayaan Natal ini harus dimaknai dengan menjaga kerukunan antar umat beragama. “Serta menjaga kerukunan antar umat dengan pemerintah,” ujarnya.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here