Unggas di Kompleks Kantor Walikota Positif Flu Burung

0
518

Unggas di Kompleks Kantor Walikota Positif Flu Burung Headline Kotamobagu
ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, melalui Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Peternakan dan Kehutanan (BP4K) Kotamobagu, membenarkan terkait virus H5N1 atau flu burung sebagai penyebab matinya puluhan unggas milik warga kelurahan Sampana, Kecamatan Kotamobagu, beberpa hari lalu.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Pengendalian Pengembangan Peternakan dan Kesehatan Hewan, Abdul manaf pudul, saat ditemui zonabmr.com, Sabtu (14/6) sore tadi. Kata dia, sesuai dengan pemeriksaan alat pendeteksi cepat (rafitest), ayam-ayam tersebut telah terinfeksi virus H5N1.

“Sesuai rafitest atau pemeriksaan cepat, menandakan positif flu burung. Masih ada pemeriksaan lanjutan di laboratorium, namun biasanya hasilnya 90 persen dari hasil deteksi cepat,” bebernya.

Abdul lanjut menjelaskan, sesuai SOP (standard operating procedure), saat berada di lokasi pihaknya telah menginstruksikan dan melakukan pemusnahan virus dalam radius 40 meter agar tidak menyebar.

“Biasanya pemusnahan dilakukan dalam radius 40-100 meter dan sampai 1 kilometer bila darurat. Namun kami sudah melakukan pemusnahan virus dengan menyemprotkan desinfektan dan melakukan pembakaran unggas milik warga. Juga kandang-kandang ayam tersebut telah diperintahkan untuk dibakar,” jelasnya.

Meski begitu, dirinya menyesalkan tindakan sejumlah oknum warga yang menjual puluhan ayam mereka yang telah terjangkiti virus ke Pasar tradisional. “Padahal, sebelumnya kami sudah memperingatkan. Namun tidak kami disangka kalau ayam-ayam tersebut akan dijual,” tandasnya.(fahmi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here