Upacara HUT ke-8 Kota Kotamobagu Berlangsung Semarak

0
545
Upacara HUT ke-8 Kota Kotamobagu Berlangsung Semarak Advertorial Kotamobagu
Suasana upacara peringatan HUT ke-8 Kota Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Cuaca tak bersahabat warnai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Kota Kotamobagu, yang digelar di Lapangan Boki Hotinimbang, Sabtu (23/5). Meski begitu, curah hujan tak mengurangi semangat para peserta mengikuti rangkaian peringatan lahirnya Kotamobagu yang secara administratif berpisah dengan Kabupaten Bolmong pada 2 Mei 2007 silam.

Sebelum upacara digelar, rangkaian kegiatan dibuka dengan suguhan tari kabela, yang dibawakan 230 siswi tingkat SD, SMP dan SMA di Kotamobagu. Warga yang hadir berdecak kagum melihat pergelaran tarian adat Bolaang Mongondow tersebut.

Dalam rangkaian HUT tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menampilkan berbagai pakaian adat dari sejumlah etnis yang menetap di Kotamobagu. Tak ketinggalan musik dan tarian adat dari berapa suku. Musik gamelan dari Bali, atraksi barong sai khas Tiongkok, dan juga tari maengket dari Minahasa juga dipentaskan.

Upacara HUT ke-8 Kota Kotamobagu Berlangsung Semarak Advertorial Kotamobagu
Para siswa saat memperagakan tarian adat

Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, selaku Inspektur Upacara dalam sambutannya mengimbau, agar seluruh masyarakat Kotamobagu lebih mencintai dan menumbuhkembangkan berbagai potensi adat budaya daerah. Sehingga nantinya Kota Kotamobagu akan lebih dikenal luas hingga ke tingkat nasional.

“Mari kita lebih menumbuhkan dan meningkatkan lagi kecintaan dan rasa memiliki terhadap daerah, dalam bentuk pengembangan berbagai potensi adat budaya, sumberdaya alam dan sumberdaya manusia di daerah ini. Sehingga nantinya Kota Kotamobagu akan lebih dikenal luas hingga ke tingkat nasional serta akan mampu sejajar dengan daerah lain,” kata Wali Kota 

Pada HUT tersebut, Wali Kota pun berharap agar budaya Mongondow tetap terjaga dan tak terkikis peradaban globalisasi. “Saya rindu dengan adat dan budaya Mongondow. yang saya lihat mulai terkikis. Bahasa daerah saja banyak anak-anak kita yang sudah tidak tahu lagi. Makanya saya sudah anjurkan ke dinas untuk muatan lokal bahasa daerah wajib untuk terapkan di setiap sekolah,” ungkap Wali Kota.

Upacara HUT ke-8 Kota Kotamobagu Berlangsung Semarak Advertorial Kotamobagu
Tampak Wali Kota dan Wakil Wali Kota bersama para tamu dan undangan

Usai upacara, rangkaian HUT dilanjutkan dengan rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kotambagu. Paripurna tersebut dihadiri Gubernur Sulut, Sinyo H Sarundajang dan Kapolda Sulut, Brigjen Pol. Wilmar Marpaung.

Selain upacara puncak dan rapat paripurna istimewa, rangkaian peringatan HUT Kotamobagu, juga digelar berbagai kegiatan di antaranya, festival seni dan budaya, ziarah ke taman makam pahlawan Mongkonai, pawai lampion, dan diakhiri dengan pelaksanaan doa dan dzikir bersama serta peringatan Isra Mi’raj 1436 Hijriah, yang dilaksanakan di Lapangan Olahraga Kelurahan Sinindian.(gito)

Prestasi dan Penghargaan Pemerintah Kota Kotamobagu Periode 2013 – 2018.

1. Opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK – RI) atas Laporan Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2013, Kepada Pemerintah Kota Kotamobagu.

2. Penghargaan Eliminasi Malaria, atas keberhasilan pemberantasan penyakit Malaria, dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

3. Penghargaan Piagam Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

4. Penghargaan Milenium Development Goals (MDGs) Award Target 5 B, atas Keberhasilan Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dari BKKBN Pusat.

5. Penghargaan Puskesmas Gogagoman sebagai Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Utara dan SMP Negeri 4 Kotamobagu, sebagai SMP Berprestasi.

6. Penghargaan e – Procurement Award Tahun 2014, dari BAPPENAS atas pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa secara Elektronik (LPSE) Kategori Akselerasi Penerapan Elektronik Procurement.

7. Penghargaan Treasury and Tax Award dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas Ketertiban Administrasi dan Kepatuhan Penyetoran Pajak ke Kas Negara.

8. Kota Kotamobagu masuk dalam Zona Hijau dalam penerapan Inpres Nomor 2 Tahun 2014, tentang Rencana Aksi Daerah terhadap Pencegahan Pemberantasan Korupsi (PPK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here