Utang Iuran Listrik Pemkab Boltim Bakal Capai Rp800 Juta

0
416

Utang Iuran Listrik Pemkab Boltim Bakal Capai Rp800 Juta Boltim
ZONA BOLTIM
– Kepala Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Modayag, I Gede Prawira, mengatakan, diperkirakan utang iuran listrik Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bisa mencapai total Rp800 juta. Hal itu dikatakan Prawita dalam hearing Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim bersama PT. PLN Cabang Kota Kotamobagu dan Pemkab Boltim, Jumat (26/9).

“Jika iuran listrik belum terbayarkan hingga memasuki bulan Oktober, maka utang pemkab bisa mencapai Rp800 juta. Sementara ini untuk data rekapan kami selama 7 bulan, terhitung dari bulan Maret sampai September ini, total piutang Pemda Boltim berkisar Rp512 juta sudah dengan biaya bebannya,” beber Prawira.

Lanjut dijelaskannya, dari arsip yang ada utang Pemda Boltim tersebut terkait lampu penerangan jalan di sepanjang jalan trans Ibukota Tutuyan. “Itu cuma lampu jalan saja, tidak termasuk dengan penerangan di Kantor Bupati Boltim,” ungkap Prawira.

Selain itu, Prawita menjelaskan bahwa pihaknya jauh sebelumnya sudah melakukan usaha-usaha pendekatan untuk melakukan penagihan piutang tersebut melalui petugas yang diutus dengan membawa nota tagihan. “Jadi kalau dikatakan kami (PLN,red) tidak melakukan upaya penagihan itu sebenarnya sudah namun belum mendapat balasan jawaban dari Pemkab Boltim,” terangnya, sembari menambahkan pihaknya akan masukan lagi berkas penagihannya.

Sementara, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekertariat Daerah (Setda) Boltim, Djainudin Mokoginta, menerangkan bahwa pihak Pemkab segera membayar piutang tersebut karena anggarannya memang telah disiapkan. “Kami sudah siap membayarnya, karena dananya memang ada. Hanya saja mereka (PLN,red) belum memasukan tagihannya, kami tinggal tunggu berkasnya,” tutup Mokoginta.

Adapun hearing tersebut dipimpin Ketua DPRD Boltim, Sam Sachrul Mamonto didampingi Wakil ketua, Sehan Mokoagow-Mokoapa, yang dihadiri sejumlah legislator lainnya dan beberapa pejabat Eselon II lingkup Pemkab Boltim.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here