Wabup Bolmut Buka Sosialisasi Program Pamsimas

0
41

Wabup Bolmut Buka Sosialisasi Program Pamsimas Bolmut Headline  ZONA BOLMUT — Wakil Bupati Drs Hi Amin Lasena MAP membuka sosialisasi program Pamsimas III Reguler/HID/HKP tingkat Kabupaten Bolmut Tahun 2020, di Ruang Rapat Bapelitbang.

Sekadar diketahui, program Pamsimas ini adalah program yang dilaksanakan pemerintah se-Indonesia sejak tahun 2008 dan di Kabupaten Bolmut dimulai pada 2016. Di akhir tahun 2018, capaian akses air minum aman di Kabupateen Bolmut masih pada kisaran 70,14 persen. Capian ini masih jauh dari harapan sebagaiman target dalam capaian akses air minum yaitu harus mencapai 100 persen akses air minum aman. Begitu juga dengan akses sanitasi layak yang data capaian sampai saat ini masih angka 65,90 dari target yang harus dicapai 100 persen.

Untuk mencapai target tersebut, salah satu program yang dilaksanakan adalah program Pamsimas atau penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. Program Pamsimas ini bertujuaan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada masyarakat kurang terlayani, termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah pedesaan dan pinggiran kota.

Di Kabupaten Bolmut, program Pamsimas telah mengintervensi sebanyak 46 desa yang mendapat bantuan dengan nilai total kurang lebih 8,2 Milyar, tahun 2020 ini ada sebanyak 11 desa yang sekarang telah melaksanakan Pembagunan Fisik. “Diharapkan dengan kolaborasi program baik Pamsimas maupun program lainnya, diakhir masa RPJMD target Universal Acces baik air minum maupun sanitasi dapat tercapai,” katanya.

Pemerintah desa diberi kesempatan mengajukan propisal mengikuti kegiatan ini dan melalui tahapan verifikasi dan evaluasi akan ditetapkan desa yang akan mendpatkan bantuan Pamsimas Pada tahun 2021.

“Pemerintah desa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, terutama desa-desa yang memang saat ini masih sangat butuh ketersediaan air minum,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, ia mengharapkan kepada para sangadi dapat berperan aktif mengikuti sosialisasi ini dan merancang kebutuhan air minum dan sanitasi desa, sehingga setelah sosialisai ini pemerintah desa dapat menyusun proposal kesediaan mengikuti program Pamsimas ini dan menyepakati persyaratan yang dibutuhkan.

Turut hadir sebagai narasumber; Dinas PUPR Provinsi Sulut Andrew O Kaundang ST, Fasilatator Pamsimas Bolmut Surimawati Ningsih ADI ST, Pimpinan SKPD terkait, para Camat serta Sangadi. (rendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here