Wabup Bolmut Hadiri Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Boroko

0
82

Wabup Bolmut Hadiri Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Boroko Bolmut Headline  ZONA BOLMUT — Wakil Bupati Bolmut Drs Hi Amin Lasena MAP Menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Wakil Ketua Pengadilan Agama Boroko Royana Latif, S.HI yang Bertempat di aula Kantor Pengadilan Agama.

Kegiatan diawali pembacaan kata kata pelantikan dan pengambilan sumpah oleh ketua Pengadilan Agama Boroko kepada wakil Ketua pengadilan agama yang baru saja dilantik.

Wabup Bolmut Membacakan Sambutan tertulis Bupati tersebut mengatakan Bahwa Sebagaimana diketahui bahwa, sebelum terbentuknya pengadilan agama boroko masyarakat wilayah kabupaten bolmut termaksud dalam wilayah Yurisdiksi pengadilan agama kotamobagu jarak yang jauh serta mahalnya biaya transportasi bagi masyarakat, maka atas usulan peningkatan kelas pengadilan agama kotamobagu dan pembentukan 4 pengadilan agama di wilayah Bolaang Mongondow Raya, Sehingga pada tahun 2013 tim dari Biro Perencanaan Mahkamah agung untuk menindaklanjuti usulan tersebut dengan rekomendasi dari masing masing bupati terkait Hibah tanah lokasi pembangunan Gedung Kantor, maka usulun tersebut akhirnya disetujui dan pada tanggal 22 oktober 2018 pengadilan agama boroko resmi menjadi pengadilan baru bersama dengan 84 pengadilan lainnya oleh ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Dikatakan Bahwa dengan Keterbatasan sarana dan prasaran, maka pemerintah daerah memberikan pinjam pakai kantor sementara sebagaimana yang ada sekarang ini sambil menunggu gedung kantor yang baru, dimana masih dalam proses pengurusan Hibah tanah Kantor Seluas 7000 Meter Persegi Dari Pemerintah Daerah.

Dengan Dihadapkan pada berbagai keterbatasan fasilitas penunjang tugas pengadilan namun pengadilan agama boroko mampu menujukan Dedikasi, Loyalitas, Integritas yang tinggi dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah.

Sesuai Data Yang diperoleh ada 123 kasus Perceraian yang terjadi di Kabupaten Bolmut selama tahun 2019, dari 123 kasus tersebut terdapat 99 kasus cerai gugat dan 24 kasus cerai talak, serta ada 14 kasus Perkara Perceraian dari Aparatur Sipil Negara.

Pemerintah Daerah Mengucapkan Selamat Atas dilantiknya Royana Latif, S.Hi Sebagai Wakil Ketua pengadilan agama Boroko dan selamat bertugas di kabupaten Bolaang Mongondow utara.

Diakhir Sambutannya dirinya Berpesan Kepada Pejabat Yang baru dilantik agar dapat menjalankan tugas wakil ketua pengadilan bersama sama dengan ketua pengadilan dalam melakukan pekrjaaan sebagai pimpinan pengadilan agama boroko terutama menjalankan visi dan misi Badan Peradilan.

Turut Hadir Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado, Wakapolres Bolmut, Perwakilan Kantor Kementrian agama Bolmut, Pimpinan SKPD terkait, dan Camat Bolangitang Barat. (rendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here