Wabup Suriansyah Buka Sosialisasi Penegasan Batas Antardesa

0
274

Wabup Suriansyah Buka Sosialisasi Penegasan Batas Antardesa Bolmut

ZONA BOLMUT – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Suriansyah Korompot, secara resmi membuka acara Sosialisasi Penegasan Batas Antardesa yang digelar di Hotel Metro Boroko, Kamis (22/10).

Acara yang diselenggarakan Bagian Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Bomut itu, bertujuan untuk mempercepat penegasan batas desa, meminimalisir konflik perbatasan antar penduduk desa di Bolmut. Termasuk untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan serta memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu daerah yang memenuhi aspek teknis dan yuridis.

Korompot dalam kesempatannya membacakan sambutan Bupati Bolmut mengatakan, batas daerah selain sebagai penentu wilayah kerja administrasi juga dapat berfungsi untuk mengetahui batas pengelolaan kegiatan usaha suatu daerah, dan merupakan penanda sejauh mana kewenangan penyelenggaraan entitas pemerintahan.

“Urgensi penegasan batas daerah menjadi penting sebagaimana kewenangan yang dimiliki daerah sangat ditentukan oleh batas-batas tersebut,” kata Korompot.

Lanjutnya, kesepakatan dari semua pihak yang terkait sangat diharapkan dalam menentukan batas daerah secara pasti yang dilakukan secara sistematis dan terkoordinasi. Bupati berharap melalui momentum sosialisasi ini dapat dijadikan sarana untuk saling bertukar pikiran, gagasan serta saling memotivasi antar jajaran pemerintah di Kabupaten Bolmut.

“Untuk meminimalisir konflik yang timbul akibat dari sengketa batas wilayah. diharapkan kepada semua pihak terutama Lembaga Adat di desa dapat berkontribusi dalam penyelesaian masalah-masalah batas wilayah,” jelas Korompot.

Dalam acara tersebut, diadakan juga penandatanganan kesepakatan batas wilayah antara Desa Tuntung dengan Tuntung Timur, Kecamatan Pinogaluman, serta Desa Boroko dengan Boroko Timur, Kecamatan Kaidipang. Penandatanganan itu dilakukan oleh Lembaga Adat Desa masing-masing, yang disahkan langsung oleh Camat Kaidipang dan Camat Pinogaluman.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Sekretariat Provinsi Sulawesi Utara, Asisten Pemeirntahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Bolmut, Drs. Faridudin Gumohung dan Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setdakab Bolmut, Sulha Mokodompis, S.Pd, MM sebagai narasumber. Sementara para peserta sosialisasi yakni para camat se-Bolmut, kepala desa, Ketua BPD, Kepala (Pimpinan) Lembaga Adat Desa Kecamatan Sangkub, Bintauna, Kaidipang dan Pinogaluman.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here